Di Cabang Rantauprapat Pejabat Bank Sumut Tersangka Kredit Fiktif

Tiga orang terdiri dari pejabat dan karyawan Bank Sumut masing-masing berinisial AN, YS, dan MT, oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi penyaluran pinjaman Rp 6 miliar dari Bank Sumut Cabang Rantauprapat, Labuhan Batu.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejatisu, Edi Irsan Kurniawan, kepada wartawan di Medan, Rabu (26/11).

Menurutnya, ketiga tersangka diduga menyalurkan dana fiktif di Dinas Kesehatan Rantauprapat. “Ketiga tersangka belum ditahan karena dinilai kooperatif, tidak melarikan diri dan tidak menghilangkan barang bukti,” ujarnya.
Edi Irsan menjelaskan, dugaan korupsi penyaluran pinjaman dari PT Bank Sumut Cabang Rantauprapat kepada pegawai Dinas Kesehatan Rantauprapat dilakukan ketiga tersangka melalui tiga modus.

Pertama, kredit fiktif dengan melakukan pencairan pinjaman untuk pegawai Dinas Kesehatan Rantauprapat namun yang bersangkutan tidak ada memohon dan modus kedua dengan cara melakukan markup pinjaman dari permohon.

Sedangkan modus ketiga ada pihak pemohon, namun ketika permohonan diajukan para tersangka menyuruh pemohon membuat jumlah pinjaman melebihi angka yang dipinjamnya.
Terkait kasus itu, kata Edi Irsan, kejaksaan akan memeriksa semua pihak di Bank Sumut Cabang Rantauprapat yang terkait proses pencairan pinjaman. “Kami upayakan berita acara pemeriksaan kasus ini bisa segera dilimpahkan ke pengadilan. Tidak tertutup kemungkinan tersangka bertambah,” katanya.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: