Kejari Rantauprapat Sidik Kasus Dana Pilgubsu

Pihak Kejari Rantauprapat dikabarkan telah melakukan penyidikan kasus dugaan korupsi dana Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) tahun 2008.

“Jumat lalu, berkas perkara dugaan korupsi dana pemutakhiran data Pilgubsu telah kita limpahkan ke bidang tindak pidana khusus untuk dilakukan penyidikan,” papar Kepala Seksi Intelijen Kejari Rantauprapat, Novhan Siregar SH, beberapa waktu lalu di Rantauprapat.

Dari hasil penyelidikan tim intelijen, lanjutnya, diketahui modus beberapa pihak penyelenggara yang memfasilitasi pelaksanaan Pilgubsu 2008 di Kabupaten Labuhanbatu. “Beberapa oknum pegawai di Dinas Kependudukan Keluarga Berencana dan Catatan Sipil (KKBCS) Labuhanbatu, calon tersangka dalam perkara ini,” ungkapnya tanpa menyebutkan nama.
Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Rantauprapat, R Damanik SH, mengaku telah menerima berkas perkara dugaan korupsi dana pemutakhiran data pemilih pada Pilgubsu itu dari seksi intelijen. Ditambahkannya, mulai pekan depan akan dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi untuk penyidikan kasus Pilgubsu yang merugikan keuangan negara itu.

Dalam penyelidikan intel, kata Damanik, sejumlah saksi mengatakan telah mencairkan dana pemutakhiran data pemilih Pilgubsu sebesar Rp 250 juta.

“Tapi, tidak jelas penggunaannya. Rekanan pengadaan formulir data F-101 pun sudah mengakui tidak melakukan pekerjaan itu. Namun, hanya meneken berita acara karena menurut pihak dinas kependudukan bahwa formulir sudah diperbanyak dengan foto copy,” ujarnya.
Lebih lanjut Damanik mengemukakan, sejumlah saksi juga menyebutkan, laporan penyelenggara Pilgubsu di Labuhanbatu tentang penggunaan dana sebesar Rp900 juta lebih bantuan/hibah dari Pemerintah Propinsi Sumatera Utara tidak jelas.

“Mungkin minggu depan akan kita periksa saksi-saksi. Kita lihatlah, bagaimana penggunaan dana pemutakhiran data dan penggunaan dana hibah dari Pempropsu. Dari data intel, kata saksi sekitar Rp 700 juta dana Pilgubsu masuk dalam Perubahan APBD Labuhanbatu,” tuturnya.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: