Pengurus KUD SMM I Terancam ke Polisi

Pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) Sawit Makmur Mandiri (SMM) I Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba, Labuhanbatu, terancam dilaporkan ke aparat kepolisian setempat. Pasalnya, para anggota koperasi mensinyalir pengurus tidak pernah menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama tujuh tahun.

“Kita sudah berulangkali meminta pengurus untuk melaksanakan RAT, tapi tidak pernah digubris. Begitu juga pihak Dinas Koperasi Labuhanbatu yang diharapkan bisa memfasilitasi RAT itu,” ungkap dua anggota KUD SMM I, Yahya dan W Bagariang, didampingi Direktur Komisi Pencari Fakta Indonesia (KPFI), Dahrun Pasaribu, Selasa (25/11) di Rantauprapat.
Padahal, lanjut keduanya secara hampir bersamaan, RAT dilaksanakan minimal setahun sekali, seperti diamanatkan dalam UU No 25 Tahun 1992 Pasal 26 ayat (1). Menurut catatan anggota, kata Yahya, RAT terakhir berlangsung pada 2001.
W Bagariang menambahkan, anggota koperasi tidak mengetahui perkembangan KUD SMM I bila RAT tidak dilaksanakan. “Untung atau rugi dan rencana ke depan tidak bisa diketahui bila RAT tidak terlaksana.

”Untuk itu, bila tidak juga dilaksanakan RAT, kita akan menyerahkan kuasa hukum pada KPFI untuk melaporkan pengurus KUD SMM I ke polisi,” tegas Bagariang.
Disebutkannya, pihak Dinas Koperasi-UKM Labuhanbatu telah dua kali mengimbau pengurus KUD SMM I untuk segera melaksanakan RAT. Surat Diskop tertanggal 30 April dan 4 Agustus 2008 yang ditandatangani Kadiskop Labuhanbatu, Rr Soekaeny S SE, ditegaskan pelaksanaan RAT merupakan kewajiban kepada pengurus.
Ketua KUD SMM I, M Ali Hanafiah yang dihubungi wartawan melalui pesan singkat, tidak menjawab. Hanya saja, seorang menantunya, Feri, menelepon balik dan mengatakan, mertuanya cukup berbuat banyak untuk anggota KUD SMM I, termasuk kepada masyarakat sekitar.

“Mertua saya cukup baik terhadap anggota, sudah hampir melunaskan utang KUD dan cukup berjiwa sosial di masyarakat. Permintaan RAT itu mungkin ada calon mereka yang mau dinaikkan jadi ketua,” tuturnya.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: