Kelangkaan Pupuk Ancam Labuhanbatu

Petani di Kabupaten Labuhanbatu bakal terancam kelangkaan pupuk menyusul belum dikirimnya laporan alokasi kebutuhan pupuk daerah Labuhanbatu.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Labuhanbatu Gargaran Siregar dinilai terkesan tidak tanggap. Ini terbukti dengan belum direalisasikannya perintah Bupati T Milwan untuk menyiapkan surat keterangan (SK) atas kebutuhan pupuk subsidi. Gargaran mengaku belum mengirimkan drafnya.

“Sudah kami siapkan drafnya dan beberapa hari ini kita kirim,” ujarnya kemarin.

Bupati T Milwan mengatakan, dirinya sudah lama memerintahkan persiapan SK itu melalui Kabag Perekonomian dan selanjutnya ke Asisten II Pemkab dan Sekdakab Labuhanbatu Karlos Siahaan untuk dikirimkan ke Provinsi sebagai antisipasi kelangkaan pupuk awal tahun 2009 mendatang.

Setelah dilakukan pengecekan ke Pupuk Sriwijaya, ternyata Kabupaten Labuhanbatu belum mengirimkan SK-nya. Sementara kabupaten lainnya diketahui sudah menyerahkan draf SK bupati.

Menurut anggota Dewan Perwakilan daerah (DPD) Sumatera Utara (Sumut) Parlindungan Purba, dasar gugatan itu adalah adanya unsur kesengajaan di balik kelangkaan pupuk bila memang terjadi nantinya. Upaya hukum dapat ditempuh. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: