Pengaspalan Jalinsum Labuhanbatu Menuai Protes

Proyek pengaspalan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Dusun Janji Manahan Kawat, Desa Tanjung Siram, Kecamatan Bilah Hulu, Labuhanbatu, menuai protes. Pasalnya, proyek pengaspalan sepanjang 300 meter itu diduga dialihkan dari bagian jalan yang rusak ke yang bagus.

Adanya dugaan penyelewenagan itu membuat warga marah. Warga akan menggelar aksi protes. Izin unjukrasa juga telah diminta ke Mapolres Labuhanbatu.
Hatobangon (pemuka masyarakat – red) Janji Manahan Kawat H Burhan didampingi Ketua Umum Yayasan Ponpes Modern Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat H M H Thamrin Hasibuan dan Caleg DPR-RI Partai Gerindra Marulin Hasbi, menyampaikan hal itu di Rantauprapat, Selasa (2/12) usai pemberitahuan unjukrasa ke Polres Labuhanbatu.
Sesuai surat pemberitahuan unjuk rasa itu, Burhan menuturkan, pengaspalan yang tidak memakai plang proyek itu diduga sengaja dialihkan dari ruas jalan yang rusak yang lokasinya di depan Ponpes Daarul Muhsinin. Dimana, setiap harinya dilalui santri/santriwati dan masyarakat.
Padahal, sesuai penjelasan Penjab Pimpinan Lapangan Proyek H Daulay kepada HM Husni Thamrin pada 1 Desember 2008, seharusnya proyek itu dimulai dari pangkal jembatan Sungai Nail atau perbatasan Labuhanbatu dengan Kabupaten Padang Lawas Utara menuju arah Sigambal, Kecamatan Rantau Selatan, sepanjang 300 meter.
Karena dugaan penyimpangan proyek dimaksud, warga Janji Manahan Kawat dan keluarga besar (KB) Ponpes Modern Daarul Muhsinin menuntut agar pengaspalan disesuaikan dengan rencana semula PU Bina Marga Cab Labuhanbatu.

Yakni seperti yang dijelaskan H Daulay yaitu dimulai dari jembatan Sungai Nail atau dari perbatasan Labuhanbatu dengan Paluta sepanjang 300 meter menuju arah Sigambal.
H Burhan menandaskan, apabila tuntutan tidak dipenuhi, maka warga Janji Manahan Kawat dan KB Ponpes Daarul Muhsinin tidak akan membenarkan alat-alat berat meninggalkan lokasi proyek.
Sementara caleg DPR-RI Partai Gerindra Marulin Hasbi menanggapi, kalau memang kontrak pengaspalan jalan berlokasi di tempat yang sesuai dengan pernyataan Penjab Lapangan Proyek H Daulay, maka tidak ada alasan apapun bagi kontraktor untuk mengalihkan proyek tersebut terlebih dialihkan ke bagian ruas jalan yang tidak rusak. (MB)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: