Sidang Lanjutan Pembunuh Mayor

Kepala Keamanan Bantah Isi BAP

Kepala keamanan perkebunan kelapa sawit UD Usaha Baru yang juga menjadi terdakwa kasus pembunuhan Mayor Lodewyk Sirait, berinisial DIH (33), membantah beberapa isi berkas berita acara pemeriksaan (BAP) saat bersaksi di persidangan terdakwa Sup, juru bayar UD Usaha Baru, Senin (1/12) di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat.

“Dalam BAP saya menyatakan pembelian senjata tajam itu atas perintah terdakwa LS. Saya hanya mengikuti arahan juru periksa karena takut disiksa,” ungkapnya di hadapan majelis hakim yang dipimpin Ary Siswanto SH.

Ia juga mengaku pernah mengirimkan SMS berisikan “Bang dimana posisi? Aku mau mengantar uang bulanan”.

Tetapi ketika hakim bertanya, saksi justru lupa SMS itu dikirimkan kepada siapa. Pada kesempatan itu, DIH menuturkan awal keterlibatannya di perkebunan kelapa sawit tersebut.

“Saya direkrut terdakwa LS pada awal tahun 2007 dengan tugas penuh sebagai kepala keamanan dari pencurian serta keributan di perkebunan UD Usaha Baru,” ungkapnya.
Saat kejadian, saksi mengetahui korban di lapangan dari terdakwa Sup yang meneleponnya saat bersama LS, Horas, HS dan Ce di Polres Labuhanbatu. Kejadian itu kemudian dilaporkannya kepada Horas.

Namun, atasannya justru menyatakan kejadian itu merupakan tanggung jawabnya sebagai kepala keamanan.

Atas inisiatif sendiri, DIH menelepon terdakwa Sup untuk mengeluarkan dana operasional kepada IL alias Iwan yang sedang berada di Kampung Padang menuju lokasi kejadian di Negeri Lama.

Beberapa keterangan DIH diralat terdakwa Sup.

“Uang jalan untuk Iwan bukan Rp 500 ribu, melainkan Rp 400 ribu,” tukasnya yang saat bersidang didampingi kuasa hukum prodeo dari LBH, seperti bahren SH, Kartoyo SH, Gufron SH, dan Rifai SH.

Akibat saksi DIH mencabut beberapa keterangannya di BAP, majelis hakim meminta Jaksa menghadirkan saksi verbalism dari penyidik kepolisian pada persidangan Jumat (5/12). (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: