Stok pupuk subsidi menumpuk di gudang Pusri

Puluhan petani mengeluh akibat langkanya pupuk subsidi tiga bulan belakangan ini, di persawahan Desa Ujung Bandar, Kec. Rantau Selatan, Kab. L. Batu, sementara pupuk subsidi di gudang Pusri L. Batu menumpuk, bahkan mencukupi untuk dua bulan ke depan.

Akibat langkanya pupuk di L. Batu tiga bulan terakhir ini, mengakibatkan sebagian areal persawahan di Desa Ujung Bandar rusak parah bahkan tidak bisa ditanami, dampak dari kurangnya pupuk yang diberikan pada tanaman.

Ironisnya petani membeli pupuk subsidi jenis Urea dengan harga cukup tinggi seharga Rp75.000 per sak yang seharusnya harga subsidi Rp56.000 per sak, sementara keluhan petani bukan hanya pada pupuk, penyakit keong padi juga merupakan penyebab gagalnya tanaman pada pertanian, tapi hingga kini Dinas Pertanian Kab. L. Batu belum memberikan perhatian serius.

Menurut Tiur, seorang petani mengatakan kepada wartawan Jumat (5/12), untuk kebutuhan padi bukan hanya pupuk urea saja, tapi pupuk TSP dan NPK juga dibutuhkan untuk pertanian padi.

Hanya saja subsidi untuk jenis ini tidak diberikan dalam hal ini Dinas Pertanian tidak tanggap dan tidak pernah sekalipun turun.

Bisman Harahap, Kepala Pusri L. Batu mengatakan, sementara persediaan stok pupuk di L. Batu cukup untuk dua bulan ke depan.

“Kami tidak ada mempersulit dari pendistribusian pupuk. Kami hanya menerima berdasarkan Rancangan Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) melalui data dari Penyuluhan Pekerja Lapangan (PPL) dan baru diserahkan melalui lima distributor pupuk L. Batu hingga Oktober sampai Desember 2008. Stok pupuk yang ada di gudang Pusri lebih kurang 3.100 ton,” katanya. (W)
(ron/c01)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: