393 Kendaraan Terkena Sanksi Rp13 M Denda Disetor ke Pempropsu

Hingga 30 Nopember 2008, sebanyak 393 kendaraan terkena sanksi di jembatan timbang Pinang Awan Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Rinciannya 241 berkas diteruskan ke Pengadilan Negeri Rantauprapat, dan 152 kendaraan langsung dikenakan putar arah.
Sejalan dengan upaya pemindahan itu, kepala jembatan timbang Pinang Awan H Abdul Hadi SH hingga bulan Nopember juga telah menyetorkan Rp1,391.300.000 denda berdasarkan Perda No. 14 tahun 2007.
Ini merupakan bukti bahwa petugas-petugas di jembatan timbang Pinang Awan telah melakukan tugasnya sesuai dengan juklak tugas yang telah ditetapkan.

Bukti ini akan menepis rumor yang sengaja ditiup oleh yang mengaku dirinya tokoh masyarakat dan LSM-LSM untuk mendiskreditkan aparat jembatan timbang Pinang Awan, kata H Abdul Hadi SH, Sabtu (6/12).
Tak semua bisa ditimbang
Di kalangan masyarakat sering muncul anggapan salah manakala petugas tidak menimbang semua kendaraan.

Kesan masyarakat seolah-olah petugas timbangan ada yang mengistimewakan kendaraan tertentu atau ada KKN. Memang ada saja petugas yang “nakal” tapi tak selamanya “nakal”.

Mengapa ada yang tidak masuk timbangan, tanya dan dijawab Abdul Hadi SH, lihat Keputusan Menhub No: KM5 tahun 1995 pasal 14. Apa isi pasal itu?

“Mobil barang yang tidak bermuatan, mobil barang pengangkut peti kemas, alat berat, bahan berbahaya dan mobil barang yang mengangkut barang dengan menggunakan tangki, tidak diwajibkan untuk dilakukan penimbangan.”
Nah, ketika mobil barang yang dikecualikan ditimbang melenggang kangkung dari jembatan timbang, masyarakat yang melihatnya bisa berasumsi macam-macam.

Padahal ada peraturan yang memperbolehkan demikian kata Abdul Hadi SH.
Ia berharap masyarakat bisa memahami hal itu secara jelas sehingga tidak asal menuding petugas timbangan ada main dengan supir atau pengusaha angkutan.
“Saya terpaksa menjelaskan hal ini agar masyarakat tidak termakan rumor menyesatkan yang bertujuan mendiskreditkan kami yang sengaja dihembus-hembuskan orang yang menamakan dirinya tokoh di Torgamba,” kata Abdul Hadi SH mengakhiri. (R5/d)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: