Puskesmas Perlayuan Gelar Yankes

Guna menjangkau dan mendekatkan pelayanan kesehatan (yankes) kepada masyarakat, Puskesmas Perlayuan, Kelurahan Pulo Padang, Kecamatan Rantau Utara kembali menggelar pelayanan kesehatan gratis. Kegiatan itu, sekaligus penyuluhan kesehatan di Kantor Kelurahan Padang Matinggi, Jumat (19/12) pagi.

Adapun yankes yang digelar terdiri dari, deteksi dini kanker payudara dan perawatan payudara bagi ibu hamil (bumil) dan menyusui, pemeriksaan bumil, penimbangan berat badan bayi dan pengukuran tinggi badan.

Pemeriksaan kesehatan dan pemberian pengobatan serta pemeriksaan laboratorium sederhana. Sedangkan, penyuluhan berisikan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kepala Puskesmas Perlayuan Julham Alandy di sela- sela kegiatan itu mengungkapkan, yankes gratis dengan mendatangi masyarakat tersebut merupakan instruksi yang terus diingatkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu Nazmil Fuad. “Tujuannya, agar dilakukan secara rutin dalam periode tertentu,” kata Julham.

Ditambahkannya, yankes gratis ini merupakan implementasi dari kebijakan pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh penduduk Labuhanbatu mulai dari tingkat Pos Kesehatan Desa (Poskedes)/Polindes, Puskesmas Pembantu (Pustu), Puskesmas hingga Kelas III RSUD Rantauprapat yang digagas Pemkab Labuhanbatu. Dalam hal ini di Dinas Kesehatan dan RSUD Rantauprapat. Dan, telah dilakukan sejak tahun 2008 ini.

Sektor Kesehatan sendiri, jelas Julham, adalah salah satu sektor prioritas pembangunan Labuhanbatu. Selain, Sektor Pendidikan, Ekonomi Kerakyatan dan Sarana Prasarana.

Jadi, selain penerapan yankes gratis dimana warga yang datang ke Puskesmas, Dinas Kesehatan Labuhanbatu juga melaksanakan program mendekatkan yankes dengan dilaksanakan di tempat-tempat strategis seperti kantor kelurahan.

Mendekatkan yankes, imbuhnya, dimaknakan bahwa pihak Puskesmas yang harus proaktif mendatangi masyarakat. “Sehingga, masyarakat semakin mendapat kemudahan dalam hal pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis,” ulasnya.

Kebijakan mendekatkan yankes ini perlu dilakukan dengan menggunakan anggapan bahwa walau pelayanan dan pemeriksaan kesehatan sudah digratiskan, mungkin sebagian masyarakat masih enggan untuk berobat dan memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas.

Alhasil, untuk mengantisipasi keengganan itu, pihak Puskesmaslah yang harus menyadari hal itu. Dan, diperlukan sikap proaktif untuk turun langsung menjemput masyarakat. Sehingga, terjalin interaksi antara Puskesmas dan mayarakat dalam bentuk pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

Seperti pelaksanaan sebelumnya, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis kali ini pun tetap mendapat sambutan hangat masyarakat. Terbukti,warga beramai-rami mendatangi Kantor Kelurahan Padang Matinggi untuk berobat atau pun ingin memeriksakan kesehatannya.

Salah seorang warga, Suparlan, usai memeriksakan kesehatannya saat ditemui mengatakan, pengobatan gratis dengan cara seperti ini memang lebih memudahkan masyarakat.

“Ya, masyarakat memang sangat terbantulah dengan cara seperti ini.Sebab, tidak perlu lagi datang ke Puskesmas untuk berobat,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: