Alat Peraga Kampaye Akan Ditertibkan

Pemilik alat peraga kampanye mulai ketar-ketir. Soalnya, media luar itu segera ditertibkan. Karena, dituding telah banyak yang tidak mematuhi ketentuan berlaku.

Untuk hal itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labuhanbatu akan bekerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu, Panwas Labuhanbatu dan instansi terkait.

Penertiban Alat peraga Kampanye itu, khususnya yang masih dipasang di lokasi-lokasi yang dinyatakan dilarang.

Ketua KPU Labuhanbatu yang diwakili Syam Hasri dalam rapat koordinasi Pemkab Labuhanbatu bersama KPU Labuhanbatu menyatakan itu, Jumat (19/12) di Aula Pertemuan KPU Labuhanbatu.

Diterangkannya, KPU telah menyurati para pimpinan Parpol dan Calon Anggota DPD agar segera menurunkan sendiri atribut masing-masing pada tempat atau lokasi yang dilarang.

“Paling lambat tanggal 19 Desember 2008,” tegasnya.

Dalam hasil rapat koordinasi disepakati, apabila telah berakhirnya batas waktu tersebut maka KPU Labuhanbatu bersama Pemkab Labuhanbatu, Panwas Labuhanbatu dan Instansi terkait akan menertibkan alat peraga tersebut pada hari Sabtu (20/12) pukul 20.00 WIB.

Lebih lanjut Syam Hasri menerangkan, penertiban ini sebagai tindaklanjut dari Surat Keputusan KPU Labuhanbatu Nomor 270/3656/KPU-LB/2008 tanggal 19 Desember 2008 tentang Penetapan Lokasi yang dibenarkan dan dilarang memasang atribut partai politik, baliho, spanduk dan tanda gambar calon anggota DPR, DPD dan DPRD pada pemilu 2009 di kabupaten Labuhanbatu.

Mengenai lokasi yang dilarang memasang Alat Peraga Kampanye berdasarkan Surat Keputusan itu, bebernya, seperti lokasi yang dilarang Undang-undang dan Peraturan KPU, adalah Kantor Pemerintah, Kompleks Sekolah, Gedung Bersejarah, Kompleks Makam Pahlawan dan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Dan, Rumah Ibadah, Rumah Sakit, Tempat Pelayanan Kesehatan, Bank Pemerintah dan Swasta.

Katanya, terlarang juga di Jembatan, Pohon- pohon tepi jalan, Tiang PLN dan Telkom, Tiang Bilboard dan tempat- tempat Promosi/Reklame, disepanjang jalan WR Supratman, jalan HM Thamrin, jalan Sudirman, jalan Jend A Yani, jalan Sisingamangaraja, jalan HM Said dan jalan-jalan yang melintasi seluruh kota kecamatan dan desa seluruh Kabupaten Labuhanbatu.

“Termasuk di bundaran jalan, taman kota dan taman tugu yang ada,” imbuh dia.

Sedangkan lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye yang dibenarkan adalah tempat/lokasi diluar jalan, tempat lokasi dan panggung- panggung yang ditetapkan Pemkab Labuhanbatu, jalan WR Supratman dari Gapura Janji Kota menuju Aek Kota Batu, jalan HM Said mulai Gapura Sigambal menuju Aek Nabara.

“Juga, lokasi milik pihak lainnya atas ijin dan persetujuan dari pemilik lokasi,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: