Anggota Panwaslu Diprotes

Pelantikan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Kualuh Leidong Reska Saragih menuai protes. Pasalnya,Reska tidak memenuhi persyaratan untuk diangkat karena masih berusia di bawah 35 tahun.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) No 10/2008 tentang Pemilu menyebutkan batas usia minimal bagi anggota Panwaslu adalah 35 tahun. Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Kualuh Leidong Herawadi pun langsung menyurati Ketua Panwaslu Provinsi pada Sabtu (20/12) untuk mempertanyakan pengangkatan Reska.

Herawadi mengatakan, Reska lahir di Tanjung Leidong pada 25 Februari 1974. Saat ini dia masih berusia 34 tahun 8 bulan.

Artinya,masih ada kekurangan empat bulan lagi untuk mencukupi 35 tahun, sesuai batas minimal usia menjadi anggota Panwaslu. Awalnya saat tes tertulis calon anggota Panwaslu pada 11 November lalu, nama Reska dicoret oleh Panwaslu Kabupaten Labuhanbatu karena usianya belum cukup.

Nama Herawadi juga dicoret dikarenakan belum lima tahun keluar dari partai politik.

Dia pun langsung bertanya kepada Ketua Panwaslu Provinsi Sumut Ikhwaluddin Simatupang seusai pelantikan.

Ikhwaluddin menjawab, bila tidak didapat calon anggota Panwaslu yang memenuhi persyaratan usia 35 tahun, dapat diambil yang berusia kurang dari 1 atau 2 bulan dari usia 35 tahun.

“Makanya, saya berharap agar kasus ini segera disikapi oleh Panwaslu Provinsi Sumut karena dikhawatirkan proses pengangkatan yang telah cacat hukum ini akan berdampak pada terjadinya kecurangan-kecurangan pada pemilu legislatif tahun 2009 di sana,“ ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Suhari Pane saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pengangkatan Reska menjadi anggota Panwas bertentangan dengan UU No 10/ 2008 sehingga pelantikan Reska tidak sah.

“Itu melanggar undang-undang karena usianya saja tidak cukup seperti yang ditentukan,Makanya pelantikan Reska tidak sah,” tandasnya.

Ketua Panwaslu Labuhanbatu Ali Nababan saat dihubungi melalui telepon seluler belum bersedia menjawab pertanyaan tentang masalah tersebut.

Dia akan berembuk terlebih dahulu dengan anggota Panwaslu lainnya karena takut salah menjawab. (sindo)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: