Bantuan Ternak PT Asam Jawa

HT Milwan : Ternak Lembu Lebih Menguntungkan

Bupati Labuhanbatu HT Milwan menyarankan bantuan usaha ekonomi kerakyatan dari PT Asam Jawa untuk masyarakat yang selama ini berbentuk kambing diganti dengan ternak lembu. Itu, katanya mesti dilakukan untuk tahun-tahun mendatang.

“Sebab, ternak lembu lebih besar manfaatnya. Dan, lebih menjanjikan secara ekonomis untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat ketimbang bantuan kambing,” ujar Milwan saat Penyerahan Bantuan Usaha Ekonomi ke-6 untuk masyarakat oleh PT Asam Jawa, Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Senin (22/12) di Kompleks perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut.

Menurutnya, jika bantuan lembu yang diberikan PT Asam Jawa, maka peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan lebih cepat meningkat.

“Terlebih Labuhanbatu saat ini minus daging. Dimana, daging untuk daerah kita didatangkan dari Lampung. Untuk mencapai swasembada daging ini pula diperlukan bantuan lembu kepada warga,” jelasnya.

Milwan mencontohkan, Pemkab Labuhanbatu sejak tahun 2001 sampai tahun 2007 telah menyerahkan 2.100 ekor lembu kepada masyarakat sebagai bantuan usaha ekonomi kerakyatan. Dengan polasistem kredit lunak. Cicilan penerima bantuan lembu hanya berkisar antara Rp 130.000-150.000,- per bulan kepada Pemkab.

“Sampai saat ini kredit warga tidak pernah macet. Lagi pula memelihara lembu relatif lebih mudah dari pada mengurus kambing,” bebernya.

Alasannya, kata Milwan, Kambing rentan terserang penyakit. Sedang lembu lebih memiliki daya tahan,papar Milwan seraya menambahkan, untuk menghasilkan anak lembu, Pemkab Labuhanbatu memiliki tehnik suntik untuk setiap lembu betina yang sedang birahi.

Dikatakan, untuk bantuan lembu ini, PT Asam Jawa bisa belajar kepada Pemkab Labuhanbatu dalam hal ini Dinas Peternakan.

Saran ini bukanlah seperti pameo ‘Belanda minta tanah’ atau ‘Dikasi hati minta jantung’. Melainkan dengan untuk percepatan kesejahteraan masyarakat.

Diluar pidatonya, Bupati menyinggung bahwa tahun depan kiranya acara penyerahan bantuan ternak yang tergolong mewah seperti hari itu yang ditaksirnya menelan dana sekitar Rp 40 juta. Tidak diadakan lagi, cukup acara kecil-kecilan.

“Kalau Rp 40 juta untuk acara seperti hari ini digunakan untuk bantuan lembu, sudah dapat 5 ekor lembu untuk bantuan kepada 5 keluarga,” tandasnya.

Sementara Senior Manajer Sosial Sekuriti PT Asam Jawa Syamsul Bahri Nst memaparkan, bantuan bergulir kambing untuk warga 154 ekor (22 paket).

Peternak yang berhasil juga mendapat hadiah lembu dan hadiah lainnya dari perusahaan.

Hadir saat itu antara lain, para manajer PT Asam Jawa, Kepala Dinas Peternakan Amir Syarifuddin Situmorang dan kadis lainnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: