Libur dinilai tidak efektif

Sejalan dengan banyaknya masa hari libur para  Pegawai Negeri Sipil (PNS), dinilai masyarakat dan berbagai kalangan, pemerintah telah merasa terbuai.

Padahal, dahulunya hari Sabtu  terhitung hari kerja telah diliburkan, kini waktu yang akan dihabiskan di rumah  masing-masing atau untuk berliburan itu, ditambah dengan libur atau cuti  bersama.

Seperti halnya menjelang Natal 25 Desember dan tahun baru 2009, di  Kabupaten Labuhan Batu sejak tanggal 25-29 Desember telah libur. Setelah itu,  mulai 30-31 Desember 2008 diharuskan masuk kantor.

Memasuki tanggal 1-4 Januari  2009, para PNS kembali diliburkan, dan akan menjalani tugas seperti biasa pada 5  Januari 2008.

Kabag Humas Pemkab Labuhan Batu Sugeng tadi sore membenarkan hal itu. Menurut Sugeng, diantara hari libur itu  terdapat cuti bersama berdasarkan surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur  Negara ( Menpan ). “Libur dan cuti bersama itu berdasarkan surat Menpan,” jelas  Kabag Humas.

Menanggapi hal itu, Ketua Badan Pimpinan Kabupaten ( BPK) Dewan  Pemantau Penyelenggara Negara Indonesia ( DPPNI ) Labuhan Batu Amansyah Siregar  mengatakan, pemerintah selalu memanfaatkan hari Jumat sebagai “hari libur  terjepit”. Sehingga jika hari Kamis sebelumnya telah libur, tidak jarang  pemerintah melangsungkan hingga ke hari Seninnya baru masuk kerja.

Menurut Amansyah, kinerja para PNS dalam menjalankan roda pemerintahan  kian hari semakin sedikit, sehingga tidak jarang urusan kepada masyarakat selalu  terkendala.

“Seakan-akan kerja para PNS sangat banyak dan butuh libur panjang. Liburnya  sudah dua hari setiap minggu, itupun masih kurang. Kapan lagi mengurusi rakyat,  belum lagi adanya kemalasan masuk kantor. Kebijakan ini yang seharusnya dikaji  pemerintah,” jelas Amansyah, sembari menambahkan, kekesalan terhadap libur itu  tidak berkaitan dengan datangnya natal dan tahun baru.

Kadisdiknas Pemkab Labuhan Batu Jamaren Ginting mengatakan, khusus hari  libur buat guru dan anak sekolah terhitung mulai, 25 Desember 2008 hingga 4  Januari 2009, dengan rincian 25-29 Desember 2008 dan 1-4 Januari 2009 adalah  libur umum. Sedang 26, 27, 29 dan 31 Desember serta 2-3 Januari 2009 adalah libur  khusus.(W)

(dia/c01)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: