Anggaran Rumah DPRD Labuhanbatu Layak Diusut

Pembangunan fisik, yakni pembangunan Pendopo Rumah Jabatan dan pembangunan Rumah Dinas Jabatan kalangan dewan laik diusut. Soalnya, pembangunan menelan dana sebesar Rp484 juta dimenangkan CV Sri Haji, dan pembangunan Rumah Dinas Jabatan berbiaya Rp543 juta dimenangkan CV Wangi yang disinyalir di rumah Ketua DPRD terkesan misterius.

Salah satunya Badan Pimpinan Kabupaten (BPK) Dewan Pemantau Penyelenggara Negara Indonesia (DPPNI). Mereka meminta aparat penegak hukum untuk melakukan pemeriksaan/pengusutan atas dua bangunan yang dinilai tidak jelas.

“Kita sangat heran mengapa Pemkab Labuhanbatu menganggarkan biaya yang cukup besar. Ironisnya, kedua bangunan itu disinyalir pada satu objek yang sama. Terlebih dewan kita, gampangnya mengesahkan anggaran tersebut,” tegas Ketua BPK DPPNI Amansyah Siregar, menjawab wartawan, Minggu (29/12) di Rantauprapat.

Sejalan dengan itu, DPPNI berharap pihak Kejaksaan
Negeri (Kejari) Rantauprapat dan Polres Labuhanbatu menunjukkan sikap keperdulian terhadap penggunaan APBD.

“Aparat jangan diam. Prioritaskan kasus ini. Karena, telah menjadi konsumsi pemberitaan. Lagi pula ini uang negara. Ya. harus dilakukan pengusutan secepatnya,” pinta Amansyah.

Ketua DPRD setempat H Abdul Roni Harahap saat dikonfirmasi wartawan membenarkan kedua bangunan itu berada disekitar rumahnya.

Namun, untuk pembangunan Rumah Dinas Jabatan berbiaya Rp543 juta, dikatakannya untuk menyatukan dua bangunan yang terpisah saat ini.

“Itu untuk menyatukan dapur dan ruangan lainnya. Dulunya itu terepisah. Dan sekarang sedang dikerjakan. Ada juga untuk biaya rehab lainnya,” terang Roni via handphone.

Beredar informasi, dua unit bangunan yang ada disekitar rumah Ketua DPRD Labuhanbatu tidak pernah diusulkan atau masuk pada perencanaan penggunaan APBD tahun 2008.Bangunan tersebut hanya disisipkan dalam anggaran.

Kepala Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Labuhanbatu Esty Psancaningdiyah, berulangkali dikonfirmasi melalui telepon selular dan juga via pesan singkat oleh wartawan, Minggu (29/12) belum bersedia menerangkan dugaan tentang pembangunan tersebut tidak masuk dalam perencanaan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: