Januari 2009, Penjabat Bupati Pemekaran Ditetapkan

Awal Januari 2009 Mendagri akan menetapkan pejabat bupati untuk daerah pemekaran Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu Utara.

“Saya tidak ingat siapa namanya. Saat ini banyak hari libur, mudah- mudahan penetapan penjabat dua kabupaten baru di Labuhanbatu Selatan dan Utara awal Januari mendatang,” terang Humas Depdagri Saut Situmorang, Senin (29/12) petang menjawab wartawan dari Labuhanbatu.

Dikatakan Situmorang, 24 Desember 2008 lalu, Depdagri telah menerima usulan dari Gubernur Sumut Syamsul Arifin terkait calon penjabat bupati daerah otonom Labuhanbatu Utara dan Selatan, masing- masing terdiri dari tiga orang calon.

“Saat ini tahap kwalifikasi kriteria usulan, sesuai undang-undang Nomor 32 tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah tahun 2005. Masing- masing daerah calonnya tiga, Depdagri sedang mempelajari usulan,“ kata Humas Depdagri.

Disinggung tentang adanya tudingan tarik-menarik dari berbagai kepentingan partai politik dalam  penetapan penjabat bupati itu, Situmorang membantahnya.

“Itu tidak benar. Disanakan calon penjabat daerah otonom. Bukan dari partai politik,” jelas Situmorang lagi.

Kabag Humas Pemkab Labuhanbatu Sugeng, Selasa (30/12) menjelaskan pihaknya tidak berhak mencampuri pengusulan tersebut. Hanya sifatnya menerima. Disinggung tentang waktu penetapan, ia hanya memperkirakan pertengahan Januari 2009 mendatang. “Kemungkinan pertangah Januari nanti,’ jelas Sugeng.

Sementara, Sekretaris The Enteng Center Jappar Siddik Nasution meminta kepada Mendagri segera menetapkan pejabat bupati tersebut.

“Jangan sampai keterlambatan ini menjadi kepentingan politik. Apalagi, yang berorientasi dengan uang. Sembilan dari 12 kabupaten/kota yang bersamaan pengesahaannya. Sudah ditetapkan pejabatnya,“ kata Jappar, sembari menambahkan, keterlambatan nantinya dapat berakibat aksi masyarakat ke kantor Depdagri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: