Hutan Rawa Aek Natas Musnah

Sekitar 900 hektar hutan rawa bakal musnah. Hal ini akibat adanya pengalihan fungsi lahan itu menjadi perkebunan sawit. Rawa yang kini beralih fungsi itu terletak di Aek Pidong Desa Adian Torop, Rawa Siria-ria Desa Terang Bulan, Kecamatan Aek Natas dan rawa Simangalam Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

“Tak lama lagi, hutan rawa akan berganti dengan perkebunan kelapa sawit,” ujar Ketua Aliansi Solidaritas Tani, Transporter dan Nelayan (Astran) Labuhanbatu, Z Azhari Siregar, Minggu kemarin kepada MedanBisnis di Rantauprapat.
Ia menerangkan pada mulanya kawasan hutan rawa tersebut merupakan lahan konversi sumber daya alam. Baik untuk tempat berkembangbiaknya satwa liar yang dilindungi serta ekosistem lainnya. Selain itu, rawa tersebut juga sebelumnya dijadikan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan cara mencari ikan.
Azhari mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan investigasi di lahan-lahan yang telah beralih fungsi tersebut. Pihaknya juga ada menemukan bahwa ada kawasan hutan yang sama sekali telah musnah dan beralih fungsi. “Belakangan ada pengusaha yang menanam pohon sawit di lahan itu. Padahal rawa tersebut diandalkan masyarakat untuk mencari ikan guna dijual. Kini, hasil investigasi kita, hanya tinggal sebahagian,” terang Siregar.
Kondisi ini menurut Azhari sudah ditentang oleh pihaknya. Baik melalui lisan maupun tulisan. Pihaknya juga pernah melayangkan surat kepada Bupati Pemkab Labuhanbatu HT Milwan. Kabarnya Bupati telah menindaklanjuti, namun hasil di lapangan pekerjaan pengalihan fungsi lahan terus berjalan. Azhari kuatir jika ini dibiarkan akan semakin merajalela dan hutan semakin habis. “Kalau dibiarkan, semua rawa bakal musnah. Kita masih menemukan alat berat pengusaha dilahan itu, kegiatan ilegal tersebut sepertinya tidak terbendung. Kita minta Dewan dan Pemkab segera mengambil sikap jika tidak ingin lahan tersebut berubah fungsi,” harapnya.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: