Pembajak Truk CPO Ditangkap di SPBU Ujung Tanjung

Sebanyak lima pembajak truk pengangkut minyak mentah (crude palm oil/CPO) BK 8177 BT ditangkap anggota Polres Labuhanbatu saat sedang mengisi bahan bakar di SPBU Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pekan lalu.

Menurut Kapolres Labuhanbatu, AKBP Drs Toga Habinsaran Panjaitan, penangkapan itu dilakukan berkat laporan pemilik truk, Jansen Nainggolan, warga Kotabatu, beberapa waktu lalu. Berbekal keterangan sopir truk, Legino (52), serta hasil olah tempat kejadian perkara di kawasan Pamingke, petugas segera memburu pelaku dan membekuknya di SPBU Ujung Tanjung.
Kelima tersangka itu, berinisial Suk (54) penduduk Dusun Suka Bangsa Desa Suka Bangsa Kecamatan NA IX-X, Labuhanbatu, WP alias Anto Kompor (46) penduduk Dusun Pulo Badung, Bunut, JWS (42) warga Jalan T Tambusai Desa Sedinginan Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir, AA alias Iwan (33) penduduk Dusun I Desa Sombahuta Kecamatan Buntu Pane, dan Yus alias Jarno (31) penduduk Bukit Kapur, Kecamatan Pasar Sukaramai, Dumai.
“Anggota tim unit Jahtanras Polres Labuhanbatu telah membuntuti mobil pelaku hingga akhirnya melakukan penangkapan di kawasan Ujung Tanjung,” papar AKBP Toga, Jumat (9/1) di ruang unit Jahtanras Mapolres Labuhanbatu kawasan Jalan MH Thamrin Rantauprapat.
Kasat Reskrim AKP M Yoris Marzuki menambahkan, pembajakan terjadi saat truk yang mengangkut 25,840 ton CPO melintas di kawasan Jalan lintas sumatera (Jalinsum) Pamingke Kecamatan Aek Natas, Labuhanbatu, Selasa (6/1) sekira pukul 21.00 WIB. Legino yang mengemudikan truk tersebut kaget saat mobil Avanza hitam plat B tiba-tiba memepet dan kemudian menghentikan kendaraannya. Beberapa menit berselang, empat pria dari mobil Avanza tersebut, turun dan masuk ke truknya melalui pintu kiri dan kanan.
Serangan mendadak itu membuat Legino tak mampu melakukan perlawanan. Ia juga tidak bisa berbuat apa-apa saat keempat pria itu melakban mulut dan mengikat tangannya dengan tali plastik. Salah seorang pelaku kemudian mengambil-alih kemudi dan mengarahkannya ke SPBU di Aek Natas menuju Titi Satu Pangkatan. Di kawasan Pangkatan, pelaku menghentikan truk itu di Rumah Makan (RM) Ojolali dan menurunkan muatan CPO. Selanjutnya, truk mengarah ke kawasan Pinang Lombang dan meninggalkannya di tempat itu.
Merasa telah aman, Legino segera melaporkan kejadian itu ke pemilik truk yang segera melaporkannya ke aparat kepolisian. Berbekal informasi dari Legino, petugas segera melakukan olah tempat kejadian perkara di Jalinsum Pamingke dan ke RM Ojolali Pangkatan.
Kerja keras tim Jahtanras membuahkan hasil, mobil Avanza yang ditumpangi para pembajak telah diketahui ciri-cirinya. Pengejaran segera diarahkan ke kawasan Riau. Akhirnya, upaya pencarian itu tidak sia-sia. Tepat di SPBU Ujung Tanjung, petugas melihat mobil Avanza hitam itu sedang mengisi bahan bakar.
“Dari dalam mobil Avanza itu, polisi menemukan tali plastik dan lakban serta kunci ban bentuk L. Para tersangka juga telah mengakui perbuatannya,” sebut AKP Yoris.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: