Tiga aliansi LSM L. Batu akan surati UI

Terkait Bantuan kepada mahasiswa L. Batu yang menerima bantuan bea siswa sebesar Rp 1,053 miliyar untuk melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia (UI). Tiga aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bersekretariat di L. Batu akan menyurati pimpinan UI di Jakarta.

Demikian Ketua BPK-DPPNI A. Siregar didampingi wakil ketuanya Andi Manik kepada Waspada, Senin (19/01) di Rantauprapat. Dikatakan Andi Manik, tiga aliansi itu, Dewan Pemantau Penyelenggara Negara Indonesia (DPPNI), Front Putera Daerah (Fropuda) dan Pemerhati Pengawasan Pendidikan Nasional (P3N).

“Sebagai lembaga yang memiliki fungsi sosial kontrol dan untuk menjaga prinsip transparansi dan juga mendukung sosialisasi kepada pelajar di L. Batu kami memohon penjelasan kepada pimpinan UI,” ucap Manik sapaan akrabnya.

Dikatakan, 3 aliansi akan memohon penjelasan kepada pimpinan UI tentang sistem pembayaran bantuan yang dilakukan Pemkab L. Batu terhadap 24 mahasiswa yang kuliah di UI. “Kami  akan memohon penjelasan kepada UI tentang sistem pembayaran yang dilakukan Pemkab L. Batu kepada 24 mahasiswa yang menerima bantuan itu. Kami juga memohon, kalau benar ada MoU antara Pemkab dan pihak UI, agar dikirimkan copy salinan MoU tersebut,” tegas Manik.

Raja Hamdan Ketua Pemerhati Pengawasan Pendidikan  Nasional (P3N) Kab. L. Batu menjawab wartawan Senin (19/1) melalui selular mengatakan, kalau benar bantuan yang diberikan kepada anak Pjs. Sekdakab L. Batu sebesar Rp400 juta, itu telah melenceng dari rasa keadilan, karena apa dasar Pemkab L. Batu mengusulkan bantuan yang melebihkan terlalu menyolok kepada anak Sekdakab tersebut,” ucap Raja Hamdan.

Ketua LSM Font Putera Daerah (Fropuda) L. Batu Zainul membenarkan akan menyurati  pihak UI. Dijelaskanya, sampai saat ini, isi MoU antara Pemkab L. Batu dengan Universitas Indonesia terkesan dirahasiakan, atau memang isi MoU dianggap sebagai rahasia negara yang tabu dipublikasikan.(w)
(sit/c01)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: