Baru Dua Parpol Melapor

Hingga saat ini,baru dua partai politik (parpol) di Labuhanbatu yang melaporkan dana awal kampanyenya ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

“Padahal, kami sudah menyampaikan surat ke parpol untuk mengingatkan pelaporan dana kampanye ini.Ironisnya, hingga saat ini baru dua parpol yang melaporkan rekening dana kampanye, yaitu Partai Patriot dan Republikan,” papar Ketua KPU Labuhanbatu Suhari Pane kemarin.

Suhari menambahkan, parpol yang tidak melaporkan dana kampanye hingga batas waktu yang telah ditentukan dapat dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu.Hal ini sesuai peraturan KPU No 19 Pasal 61 ayat 1.

“Jika parpol tidak melaporkan dana awal kampanye ke KPU kabupaten hingga tujuh hari sebelum dimulainya kampanye rapat umum (16 Maret 2009),parpol tersebut dapat dikenai sanksi yakni pembatalan sebagai peserta pemilu dengan keputusan KPU kabupaten,“ ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Bulan Bintang Labuhanbatu Jakpar Siddik mengungkapkan, pihaknya belum melaporkan dana awal kampanye partainya di Kabupaten Labuhanbatu karena tenggat waktu yang telah ditetapkan peraturan KPU masih lama. “Waktunya kan masih lama.

Lagipula, dana awal kampanye juga belum kami terima dari pusat.Jadi,apa yang mau kami laporkan,“ paparnya. Direktur Lembaga Bina Masyarakat Indonesia Yos Batubara mengungkapkan, pengaturan dana kampanye parpol merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan.

Jika parpol tidak melaporkan dana kampanyenya hingga batas waktu yang telah ditentukan,parpol itu dapat dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah bersangkutan.

“Dalam UU Pemilu disebutkan bahwa setiap parpol peserta pemilu sesuai tingkatannya memberikan laporan awal dana kampanye pemilu dan rekening khusus dana kampanye kepada KPU,KPU provinsi, dan KPU kabupaten/ kota paling lambat tujuh hari sebelum hari pertama jadwal pelaksanaan kampanye dalam bentuk rapat umum,“ paparnya.

Menurut dia, sedikitnya ada empat alasan mengapa pendanaan parpol perlu diatur, yaitu mencegah terjadinya penyalahgunaan dana oleh parpol, mendorong persaingan parpol yang sehat, memberdayakan pemilih atau konstituen,dan memperkuat parpol sebagai pelaku demokrasi yang efektif.“Karena itu parpol harus segera melaporkan dana awal kampanyenya ke KPU,”ucapnya. (sindo)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: