LBMI : Parpol tak Laporkan Dana Kampanye Laik Dibatalkan

Pemilu 2009 yang diikuti oleh puluhan partai politik (parpol) dan lebih dari seribu caleg yang tersebar dalam lima daerah pemilihan (dapem) di Labuhanbatu jelas akan membuat pemilu 2009 begitu meriah. Meriah oleh atribut partai juga oleh berbagai tingkah polah kampanye parpol dan caleg dalam menarik hati para pemilih untuk memilih mereka.
Seluruh kegiatan tersebut tidak dilakukan dengan begitu saja, diperlukan dukungan dana yang tentu tidak sedikit untuk merealisasikannya, apalagi mengingat putusan Mahkamah Konstitusi yang mensyaratkan suara terbanyak dalam keterpilihan seorang calon.
Setidak tidaknya, peserta pemilu harus lebih intens dalam menjaring suara pemilih agar dia dapat memperoleh suara yang signifikan dalam pemilu.
“Dukungan dana kampanye inilah yang salah satunya menjadi bagian dari dana kampanye,” kata Yos Irwan Batubara, Direktur Eksekutif Lembaga Bina Masyarakat Indonesia (LBMI).
Dana kampanye (campaign finance) sering diidentikan dengan dana politik. Meskipun saling berhubungan satu sama lain, dua hal tersebut adalah sesuatu yang berbeda.
Dana kampanye tidak selalu menyangkut dana segar dalam bentuk uang, dana kampanye juga dapat berupa dalam bentuk lainnya seperti barang dan/atau jasa yang bersumber dari parpol, caleg, dan sumbangan yang sah menurut hukum, ujarnya.
Dana kampanye Pemilu yang berupa uang ditempatkan pada rekening khusus dana kampanye Papol Peserta Pemilu pada bank.
Sedangkan dana kampanye Pemilu berupa sumbangan dalam bentuk barang dan/atau jasa dicatat berdasarkan harga pasar yang wajar pada saat sumbangan itu diterima. Dana kampanye Pemilu yang bersumber dari parpol, caleg, dan sumbangan tersebut harus dicatat dalam pembukuan penerimaan dan pengeluaran khusus dana kampanye Pemilu yang terpisah dari pembukuan keuangan partai politik.
Mengenai pengaturan dana kampanye, sejauh ini masih hanya diatur dalam undang-undang. Sedangkan pengaturan detail seperti pengaturan tehnis lainnya yang biasanya dibuat oleh KPU selaku penyelenggara. “Sampai hari ini belumlah ada,” bebernya.
Dalam UU Pemilu disebutkan bahwa tiap parpol Peserta Pemilu sesuai dengan tingkatannya memberikan laporan awal dana kampanye Pemilu dan rekening khusus dana kampanye kepada KPU, KPU provinsi, dan KPU kabupaten/kota paling lambat tujuh hari sebelum hari pertama jadwal pelaksanaan kampanye dalam bentuk rapat umum.
Seperti diketahui pelaksanaan kampanye melalui rapat umum dimulai pada 16 Maret 2009. Atas hal ini, pertanyaan yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat adalah sudah berapakah parpol di Labuhanbatu yang telah memberikan laporan awal dana kampenye dan sudah berapa parpolkah yang telah melaporkan rekening khusus dana kampanyenya?
Dijelaskan Yos juga, dalam hal pengurus parpol tidak menyampaikan laporan awal dana kampanyenya sampai batas waktu yang telah ditentukan maka, papol yang bersangkutan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai Peserta Pemilu pada wilayah yang bersangkutan.
Pengaturan dana politik ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan. Namun pada umumnya, jelasnya lagi, sedikitnya ada empat alasan mengapa pendanaan parpol perlu diatur, yaitu mencegah terjadinya penyalahgunaan oleh parpol, mendorong persaingan parpol yang sehat, memberdayakan pemilih atau konstituen, dan memperkuat parpol sebagai pelaku demokrasi yang efektif.
Untuk mengawal penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan secara efektif dan efisien berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, Yos berjanji akan melakukan kerja-kerja pemantauan yang bekerjasama dengan lembaga pemantau lainnya baik lembaga pemantau dari dalam maupun luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: