In Memoriam Sang Guru

Kamis, 27 November 2008, gemuruh tepuk tangan membahana di Gedung DPRD Sumut. Hari itu, Drs H Abdul Aziz Angkat (51), penasihat senior Fraksi Golkar yang juga sekretaris partai itu di tingkat propinsi mendampingi Ali Umri, resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Sumut sisa masa bakti 2004-2009.
Posisi Ketua DPRD Sumut itu dijabat Aziz Angkat menggantikan Abdul Wahab Dalimunthe, politisi senior yang dipecat dari Golkar untuk selanjutnya harus menjalani proses pergantian antarwaktu (PAw). Dalam pemilihan yang demokratis pada sidang paripurna 13 November 2008, Aziz Angkat meraih dukungan 61 suara anggota dewan, mengalahkan rekannya sesama anggota Fraksi Golkar, Zaman Gomo Mendrofa, yang meraih 11 suara.
Sejak itu, Aziz Angkat akan memimpin DPRD Sumut hingga 10 bulan ke depan atau September 2009, yang berdasarkan jadwal merupakan bulan akan dilantiknya anggota baru DPRD Sumut hasil Pemilu 2009. Namun bak kata petuah: manusia boleh merencanakan, tetapi Tuhan yang menentukan.
Perjalanan caleg DPR dari Dapem Sumut III itu memimpin 85 anggota DPRD Sumut hingga akhir masa baktinya pupus sudah. Selasa (3/2), menjadi hari naas baginya yang mengantarkan politisi murah senyum itu kembali ke haribaan Allah SWT dalam aksi unjukrasa pendukung Protap.
***
AZIZ Angkat adalah sosok yang kalem. Politisi ini sejatinya adalah pendidik. MedanBisnis dan para wartawan yang bertugas di lingkungan gedung dewan tidak pernah sekali pun melihatnya emosi dalam menanggapi berbagai isu, termasuk isu-isu krusial seperti pembentukan Protap, Sumatera Tenggara (Sutra), Asahan Labuhanbatu (Aslab), dan lainnya.
Pria kelahiran Sidikalang, Kabupaten Dairi, 10 Januari 1958 itu merupakan suami dari Dra Hj Tiornalis Siregar MPd (47), serta ayah dari empat putra masing-masing Nugraha Maulidin (23), Agung Arif Wibowo (21), Akbar Husaini (17), dan Sutan Maksur Angkat (15).
Bermula dari bersekolah di SD Zending Islam Indonesia Medan (1969), Aziz Angkat melanjutkan ke Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 4 Medan (1973) dan masuk masuk ke Sekolah Persiapan (SP) IAIN Sumut (1975). Tahun 1979 ia meraih sarjana muda dari IKIP Negeri Medan dan sarjana penuh dari perguruan tinggi yang sama tahun 1982.
Aziz Angkat tak henti untuk tetap beroleh ilmu pengetahuan. Di sela aktivitas politiknya yang padat sebagai anggota DPRD Sumut hasil Pemilu 2004, pada 2005 ia mendaftar menjadi mahasiswa Pascasarjana FISIP USU bidang studi pembangunan, hingga akhirnya berhasil meraih gelar master studi pembangunan (MSP).
Aziz Angkat mengabdikan dirinya menjadi dosen IKIP Negeri Medan selama kurun 1980-2001. Tahun 1985-1995, ia menjadi dosen tidak tetap di ITM dan hingga sebelum akhir hayatnya dia merupakan dosen tetap di UISU.
Aziz Angkat pun aktif di organisasi. Ia menjadi Ketua Badko HMI Sumut tahun 1980-1982 dan Wakil Ketua KNPI Sumut tahun 1985-1991. Sedangkan aktivitasnya di Golkar Sumut dimulai tahun 1993 sebagai Biro Diksus Golkar hingga tahun 1998. Pada tahun 2003 ia diangkat menjadi Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut.
***
MUNGKIN sudah garis tangan Aziz Angkat bahwa dunia yang digelutinya adalah bidang pendidikan dan politik. Dua-duanya tampaknya sejalan.
Melalui dunia politik Aziz Angkat pun bertekad membantu dunia pendidikan. Terbukti dalam APBD 2009, Gubsu Syamsul Arifin mengalokasikan 20% untuk dunia pendidikan dari total Rp 3,6 triliun anggaran.
Aziz Angkat tak mungkin lagi melihat realisasi 20% anggaran pendidikan yang disahkan oleh tandatangan Aziz Angkat sendiri. Meski demikian, kita berharap semangat dan komitmennya terhadap dunia pendidikan tetap dilanjutkan rekan-rekannya di DPRD dan Gubsu.
Haru
Suasana haru menyelimuti rumah duka almarhum Abdul Aziz Angkat di Jalan Eka Rasmi, Lingkungan IV, Kelurahan Johor Medan. Kepala Lingkuangan IV, Kelurahan Johor Medan, Aisyah Harahap (56), bahkan merasa tak kalau Azis Angkat telah meninggal dunia. Apalagi, malam sehari sebelumnya dia masih bertemu Azis Angkat saat acara syukuran Agung Arif Wibowo, anak kedua Azis Angkat yang baru diwisuda dari USU.
Ratusan pelayat dan papan bungan ucapan belasungkawa memenuhi lokasi sekitar tempat tinggal keluarga almarhum Azis Angkat. “Selamat jalan Pak Abdul Aziz Angkat.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: