Ada 6 Usulan Pemekaran Provinsi Sumut, Kental Warna Etnosentris

Usulan pemekaran bagi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) cukup banyak. Setidaknya wacana yang ada saat ini ada enam usulan provinsi pemekaran baru.

Gubernur Sumut Syamsul Arifin melihat ada kerawanan etnosentris dalam wacana pengusulan tersebut, bukan masalah setuju atau tidak setuju.

“Pada prinsipnya undang-undang membuka peluang. Namun, perlu dipahami, memekarkan suatu provinsi menjadi beberapa provinsi memerlukan dukungan biaya negara yang cukup besar, dan jika tidak hati-hati sangat rawan terhadap etnosentris,” ujar Syamsul Arifin kepada wartawan di Medan, Kamis (5/2/2009).

Disebutkan Syamsul, etnosentris merupakan sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, dan biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

Hal ini sangat rentan apabila masuk dalam wacana pemekaran Sumut yang berciri khas heterogen dalam kebersamaan.

Musibah yang terjadi di Gedung DPRD Sumut, imbuh Syamsul, perlu menjadi renungan untuk dipelajari secara arif dan cerdas oleh semua pihak agar jangan sampai opini berkembang ke arah itu.

Semua pihak diimbau untuk komit menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan masyarakat Sumut yang sudah terbina baik.

Dikatakannya, meski perundang-undangan membuka peluang pemekaran provinsi, namun pembicaraan jangan diarahkan pada soal setuju atau tidak setuju, melainkan sebaiknya dilandasi hal-hal yang lebih substansif, rasional dan objektif.

Lagipula, pemekaran provinsi ada proses dan mekanisme yang mengaturnya, tidak perlu berpolemik secara subjektif, apalagi memaksakan kehendak.

Saat ini saja, lanjut dia, yang sudah muncul ke permukaan yaitu aspirasi pembentukan Provinsi Tapanuli, Provinsi Sumatera Tenggara, Provinsi Tapanuli Barat, Provinsi Asahan Labuhanbatu (Aslab) dan baru saja wacana yang muncul Provinsi Nias. Sementara wacana pembentukan Provisni Sumatera Timur yang sempat muncul sudah agak tenggelam.

Menurut Syamsul, apabila sudah ada satu saja provinsi baru terbentuk, tentu tidak bisa hanya yang satu itu saja, sehingga semua akan mekar. Sumut akan terbagi menjadi beberapa provinsi bersama provinsi induk.

“Ini yang perlu kita renungkan kembali secara arif, lagipula beban biaya negara untuk ini akan sangat besar,” ujar Syamsul. (rul/nwk)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: