Jalan di Marbau Rusak Berat

Jalan yang menghubungkan desa-desa di Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara,rusak berat.

Kerusakan itu diduga akibat truk pengangkut sawit yang melintas melebihi batas yang dibenarkan. Jalan menuju Desa Marbau Selatan merupakan yang paling parah di antara jalanjalan lainnya.

Salah seorang warga,BAN, 37,menyatakan bahwa truk yang menghancurkan badan jalan itu merupakan milik pengusaha penampung tandan buah sawit (TBS) di Dusun Sekip dan Petak Enam. Puluhan truk yang mengangkut sedikitnya 20–26 ton TBS sekali jalan itu ditengarai sering melintas di jalan-jalan tersebut saat malam.

Selain kerusakan jalan, suara truk juga mengganggu ketenangan warga yang beristirahat. Kerusakan jalan semakin menyulitkan transportasi warga di daerah ini. Akibatnya, mereka mendapat hambatan untuk memasarkan hasil pertanian dan perkebunannya.

Kepala Dinas Perhubungan Labuhanbatu Ali Muktir Siregar memaparkan, pihaknya tidak lagi mengutip uang palang atau retribusi di jalan pedesaan. ”Jadi, kami tidak bisa memantau terlalu jauh keberadaan jalan yang rusak di desa-desa itu,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Daerah (Kimprasda) Labuhanbatu Mahini Rizal mengungkapkan,mereka hanya pelaksana teknis untuk pembangunan jalan perkotaan dan pedesaan. ”Kami sebagai pelaksana teknis di lapangan untuk pembangunan jalan perkotaan dan pedesaan. Kami sudah bekerja semaksimal mungkin, sesuai juknis. Setelah pekerjaan selesai, sesuai kontrak kerja, maka tugas kami selesai,” tandasnya.

Rizal mengaku prihatin dengan kerusakan jalan di Kecamatan Marbau. Dia berjanji akan menyelidiki penyebab kerusakan itu. ”Kalau memang penyebab kerusakan itu karena truk tronton yang setiap hari lewat, kami akan ambil tindakan, ” ungkapnya. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: