Lahan Pusat Pemkab Labura Tak Jelas

Lahan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Utara (Labura) terkesan tidak jelas. Rencana awal ditempatkan di areal lahan PTPN3 Mambangmuda, Kualuh Hulu, hingga kini statusnya belum dilepas oleh pihak PTPN tersebut.
Tak ayal, Pjs Bupati setempat terpaksa melayangkan permohonan pelepasannya dari HGU. Padahal, sejak awal kunjungan pihak Tim DPOD Depdagri beberapa waktu lalu ketika meninjau lokasi-lokasi yang akan dijadikan sebagai pusat Pemerintahan Kabupaten Labura, telah menyetujui areal milik BUMN sebagai lokasi pusat Pemerintahan sebelum disyahkannya UU No23/2008 tentang Pemekaran Labura.
Beredar isu di lapangan, disinyalir terjadi ‘tarik menarik’ terkait pelepasan lahan itu. Bahkan, dikabarkan, plank yang dipasang oleh Pjs setempat, dicopot oleh pihak PTPN3 Mambangmuda.
“Plank yang dipasang sebagai pertanda di lahan itu akan dibangun pusat Pemerintahan, dicopot pihak perkebunan,” beber sumber yang tidak ingin disebut identitasnya kepada wartawan, Selasa (3/3).
Padahal, untuk areal pusat perkantoran Pemkab Labura terkesan tidak terlalu luas. Buktinya, permohonan Pjs setempat hanya membutuhkan luasan 5 Hektar. Hal itu telah dimohonkan ke tingkat Kantor Direksi (Kandir).
“Untuk sementara, sesuai surat permohonan ke Dirut PTPN3 seluas 5 Ha,” ungkap Pjs Bupati Labura, Daudsyah via SMS.
Lahan Alternatif
Jika lahan perkebunan negara itu tidak didapat dan membutuhkan rentang waktu panjang dalam pelepasannya dari HGU, serta permohonan ke tingkat Kementerian BUMN, maka sejatinya ada lokasi alternatif.
“Idealnya di Kecamatan Aek Natas,” ujar Ali salah seorang warga Labura.
Sebab, katanya, posisi Aek Natas secara geografis, dinilai memiliki rasa keadilan dan memudahkan warga di beberapa kecamatan yang berdomisili di daerah Labura untuk memperoleh akses pelayanan publik.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: