PPK Belum Terima Hasil Penghitungan Suara

Biaya transportasi pengiriman logistik tertahan. Akibatnya, berpotensi menghambat pengiriman kotak pemungutan suara dari TPS ke pihak PPK.
Itu, seperti terjadi di Kecamatan Kualuh Selatan, Kualuh Leidong, Pangkatan dan beberapa lokasi lainnya.
Dampaknya, pasca H+2 Pemilu, dikabarkan masih banyak di lapangan pihak PPK yang belum menerima logistik hasil penghitungan suara di TPS-TPS.
Seperti di Kecamatan Kampung Rakyat, kecamatan Kota Pinang dan Kualuh Selatan.
Pihak beberapa PPS setempat belum mengirimkan hasil penghitungan suara dari KPPS ke pihak PPK.
“Salahsatu contoh di Desa Sosopan, Kecamatan Sei Kanan, Labuhanbatu Selatan,” ungkap Yos Batubara Koordinator Komite Pemilih (TePI) Sumut.
Jika hal itu terus terjadi, kata dia, berpotensi dan rawan terjadinya dampak negatif. “Sampai kapankah kotak suara ngendap di PPS atau TPS,” ujarnya.
Kotak suara yang berisi dokumen-dokumen penting, ujar dia, berpotensi pemicu kemunculan tindakan rekayasa di lapangan.
“Kecurigaan orang yang mengetahui jika kotak suara belum diantar juga karena lama ngendapnya, maka tidak tertutup kemungkinan akan terjadi rekayasa,” tukas dia.
Dia meminta, pada semua KPPS agar menyerahkan kotak suara tersegel yang berisikan surat suara, berita acara pemungutan suara dan penghitungan suara serta sertifikat hasil penghitungan suara.
Dan, kata dia, salinan DPT untuk TPS serta daftar pemilih tambahan serta model C4, Model C5, Model A5 kepada PPK melalui PPS. “Seharusnya ini telah dilakukan pada hari dan tanggal yang sama,” ujar Yos.
Hal ini, aku dia, sesuai ketentuan pasal 49 Per KPU No.03/2009. “Ngapain kotak suara yang berisi dokumen-dokumen berlama ngendap di TPS atau PPS. Jangan berlama nginapnya,” tandasnya.
Ketua KPUD Labuhanbatu Suheri Pane, mengakui Logistik hasil penghitungan suara di TPS-TPS mesti sudah sampai ke PPK. Dan, sampai tanggal 15 April tahapan rekapitulasi sudah selesai dilakukan pihak PPK.
“Tanggal 16 April hasil sudah diterima pihak KPUD,” ujar Suheri.
Dia mengakui, pihaknya baru menerima beberapa informasi hasil penghitungan suara dari PPK Bilah Barat. Dan, itu telah dilaporkan ke KPU Pusat untuk dijadikan materi Tabulasi Nasional. Dan, diinformassikannya perolehan suara dari kecamatan tersebut didominasi perolehan Parpol PDIP. Perolehan suara sementara itu, katanya didominasi untuk Trimedya Panjaitan. Selanjutnya, diposisi kedua untuk DPR RI, diperolah Partai Golkar. Dan, untuk DPD untuk Rambe Kamarul Zaman.
“Rekapitulasi suara sudah harus dilakukan pihak PPK,” ujarnya. Dan, dia menghimbau pihak PPK agar segera melakukan tahapan-tahapan tersebut segara dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: