Pengusutan Politik Uang terus Bergulir

Dugaan politik uang terus bergulir. Bahkan, hari ini (Senin, 13/4/2009) akan diserahkan kepihak Penyidik. Itu, setelah dilakukan rapat pleno ditingkat Panwaslu Labuhanbatu. “Panwas telah menentukan sikap,” kata Ali Nababan ketua Panwas setempat kemarendi kamar kerjanya.
Sejatinya, hasil rapat pleno tersebut telah dilaporkan ke Mapolres Labuhanbatu. Tapi, bertepatan dilangsungkannya pleno hari libur, maka ditunda. “Pastinya besok,” ujar dia.
Panwas, kata Ali, telah mengumpulkan bukti-bukti dalam kaitan dugaan money politic yang terjadi beberapa waktu lalu. Dimana, kata dia, pihaknya telah menelusuri kebawah dan memintai keterangan para saksi. “Keterangan saksi mengakui menerima sejumlah uang,” ungkapnya.
Saksi, Kata Ali mengaku menerima amplop yang berisikan dua kartu nama Caleg salahsatu Parpol dan uang senilai Rp50 ribu.
Ali mengharapkan, laporan pihaknya agar dapat ditindaklanjuti pihak terkait. “Gakumdu diharapkan dapat mengambil kesimpulan,” tukasnya.
karena, kata Ali, hal itu telah masuk dalam konteks pelanggaran Pemilu. Dimana, salahseorang Caleg dilarang memberikan sejumlah uang kepada konstituennya dengan syarat memberikan pilihan suara.
“Itu tindak pidana Pemilu. Pemilih dijanjikan diberi duit dengan syarat memilih Caleg,” tegasnya.
Tapi, papar Ali, pember amplop tersebut tidak langsung dilakukan Caleg. Namun, menggunakan jasa tim sukses ataupun saksi di TPS.
Sebelumnya, disebutkan pada hari H Pemilu, beberapa warga di Desa Sigambal Rantau Selatan Labuhanbatu menerima sejumlah amplop berisikan kartu nama Caleg dan sejumlah uang. Itu, setelah salahseorang saksi atau tim sukses seorang Caleg mengiming-imingi uang Rp50 ribu dengan imbalan memilih caleg tersebut.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: