Pemilih yang Gunakan KTP Minim

Kesempatan untuk menyalurkan hak politik dalam pemilihan presiden dengan menggunakan KTP, ternyata tidak dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga. Faktanya, warga yang dataang ke RPS menggunakan KTP cukup minim.
Khusus di Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara (Labura) dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) warga yang membawa KTP hanya ditemukan di beberapa kecamatan. Di antaranya, di TPS 13 Kelurahan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan (Labura)
Di TPS dimaksud, pemilih yang menggunakan KTP hanya tujuh orang.
Dalih memakai KTP, ketika tim pendata melakukan pendataan kebanyakan pemilih sedang tidak berada di rumah.
“Sewaktu pendata datang pemilih sedang di luar rumah, bahkan, sedang merantau,” kata Koordinator TePI Indonesia Yos Batubara, kemaren di Rantauprapat.
Informasi lainnya, kata Yos, pemilih yang menggunakan identitas penduduk itu di TPS 3 dan 7 Desa Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir masing-masing ada 1 orang. Sedangkan di TPS 9 ada 2 orang,” ungkapnya.
Nomor Unik
Pelaksanaan pilpres di Labuhanbatu menyisahkan kisah unik. Salah satunya, ditemukannya perolehan suara yang menarik perhatian warga.
KIsah unik dimaksud yakni perolehan suara untuk pasangan Capres-Cawapres SBY-Boediono yang unggul jauh dibanding rivalnya, Mega-Prabowo (Mega-Pro) dan JK-Wiranto (JK-Win).
Pasangan SBY-Boediono memperoleh suara yang siginifikan di Rantauprapat dan hampir di setiap kecamatan di daerah itu.
SBY-Boediono mendapat nomor yang dinilai cantik di sebuah TPS, Kelurahan Cendana, Kecamatan Rantau Utara, Rantauprapat.
Nomor cantik dimaksud yakni di TPS 11, yang menorehkan 1 angka keberuntungan. Di lokasi tersebut SBY Berbudi meaih 111 suara, Mega-Pro meraih 11 suara dan JK-Win hanya 1 suara. Jadi, total suara sah sebanyak 123.
“Wah! Angka satu semua untuk capres di TPS ini. Nomor cantik dan mungkin nomor keberuntungan,” kata seorang warga sambil tersenyum menyaksikan penghitungan suara di TPS yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan Rantauprapat itu. Angkat cantik itu rupanya terus menyebar ke mana-mana. Tak ketinggalan Camat Rantau Utara , April ikut tersenyum mendengar berita itu.
“Ya, itu di TPS 11 Kelurahan Cendana Jalan Ahmad Dahlan,” ujar Camat di kantornya sambil menyaksikan Sekcam Wan Chazrel dan beberapa pegawai kantor itu merekap perolehan suara 3 pasangan capres-cawapres. (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: