Pemkab Labusel Segera Dirikan SDN di Perbatasan

Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel) berencana membangun satu unit sekolah dasar (SD) Negeri di kawasan perbatasan Dusun Cindur, Desa Torganda, Kabupetan Labusel Propinsi Sumatera (Pempropsu) dengan Kabupaten Rokan Hilir Propinsi Riau. Tujuannya untuk mengantisipasi kekisruhan dan minimnya sekolah di daerah tersebut.
Demikian disampaikan Penjabat Bupati Labusel Hj Sabrina kepada wartawan,  akhir pekan lalu ketika melakukan peninjauan di Desa Torganda. “Kita akan mempelajari dan mengusulkannya, kalau bisa masuk dalam P-APBD tahun 2009 ini,” kata Hj Sabrina, yang didampingi Kadisdik Labusel H Rajo Makmur Siregar.
Senada dengan itu, Rajo Makmur mengatakan, pihaknya juga akan secepatnya  memberitahukan hasil pengamatan pihaknya ke Pemerintah Propinsi Sumatera Utara. “Kita akan pelajari pengusulan dana pembangunannya, karena masyarakat di sini sudah sangat membutuhkan sekolah dasar bagi anak-anak yang tinggal di kawasan perbatasan,” tambah Rajo.
Rudi Hasibuan (31) warga dusun sekitar mengkhawatirkan kalau daerah yang selama ini masuk dalam kawasan Labuhanbatu, akan menjadi bagian wilayah Propinsi Riau, khususnya Kabupaten Rokan Hilir. Sebab, dia mengaku hampir setiap saat warga desa selalu mendapat isu yang tidak mengenakkan terkait persoalan perbatasan.
“Hampir setiap hari kami mendapat isu kalau daerah ini akan menjadi bagian dari Propinsi Riau. Padahal, kami mengurus KTP masuk wilayah Kabupetan Labuhanbatu,” ujarnya.
Apalagi, masih ada oknum yang berasal dari Pemkab Rokan Hilir, mempengaruhi masyarakat agar mau bergabung dengan Propinsi Riau dan juga membandingkan pembangunan sarana umum yang jauh lebih baik, dibanding bangunan milik Pemkab Labuhanbatu.
Selain itu tambah Rudi, SD Swasta yang ada, gaji gurunya diperoleh dari swadaya masyarakat sekitar. Sementara Pemkab Rokan Hilir menyediakan sekolah berbentuk permanen dan jauh lebih baik. “Kami berharap pemerintah Propinsi Sumut memperhatikan daerah ini. Karena pemerintah Riau selalu membuat bangunan tandingan  yang jauh lebih bagus, agar masyarakat simpati dan mau bergabung dengan mereka,” jelas Rudi. (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: