Urus Akta Kelahiran Dipungut Rp 100.000

Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbaru untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kembali dipertanyakan. Pasalnya, masyarakat masih banyak yang mengeluhkan adanya kutipan biaya hingga Rp 100.000 untuk pengurusan akta kelahiran di Dinas Kependudukan Keluarga Berencana dan Catatan Sipil (KKBCS).
Seperti pengakuan warga Dusun Kampung Pandan, Kecamatan Pangkatan Labuhanbatu, Barisan Rumapea dan warga Kecamatan Sei Kanan, Masni, kepada MedanBisnis, akhir pekan lalu. Keduanya mengaku diminta membayar biaya sebesar Rp 70.000 – Rp 100.000 ketika melakukan pengurusan akta kelahiran.
Bahkan, Barisan mengaku angka tersebut telah ditetapkan di kantor pemerintahan tersebut. “Bagaimana mau dibilang, kalau sudah dikatakan Rp100.000, ya terpaksa dibayarlah. Memang saya tidak tahu apakah peraturannya memang sebegitu besarnya, yang pasti karena saya butuh, harus ditebuslah,” ungkap Barisan.
Sementara itu, Kabid Pelayanan Dinas KKCBS Pemkab Labuhanbatu, yang bermarga Ginting, saat dikonfirmasi wartawan membantah adanya pungutan tersebut. Karena, biaya pengurusan akta kelahiran bagi anak pertama dan kedua sebesar Rp10.000, sedangkan anak ketiga dan seterusnya di kenakan biaya Rp20.000.
“Menurut Perda Labuhanbatu, biaya pengurusan akte kelahiran untuk anak petama dan kedua dikenakan biaya Rp10.000, sedangkan untuk anak ketiga dan seterusnya dikenakan biaya Rp20.000,” ucap Ginting singkat.
Sedangkan Kadis KKCBS Labuhanbatu, Ir Hesty Pancaningdyah MSc, yang dikonfirmasi wartawan via ponsel seputar ‘pajak’ yang bersifat pungutan liar tersebut, enggan memberi keterangan. Alasannya, dia sudah memberikan keterangan kepada wartawan lain. (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: