Pemkab Labuhan Batu Diminta Segera Fungsikan Terminal Padang Bulan

Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu diminta segera memfungsikan terminal terpadu Padang Bulan Rantauprapat. Karena, hingga saat ini belum berfungsi optimal. Padahal, fasilitas publik yang terletak di Jalan H Adam Malik, kondisinya semakin memprihatinkan dan sebagian besar bangunannya sudah rusak.
Menurut Kabid Monitoring Labuhan Batu Corruption Watch Indonesia (L-CWI) Kamal Ritonga, jika dari dahulu terminal tersebut difungsikan, diperkirakan tidak sedikit pendapatan asli daerah (PAD) yang dapat diperoleh dari hasil retribusinya.
“Lihat saja, akibat tidak berfungsinya terminal itu, semua truk dan bus melintas di tengah kota. Apa tidak semakin semrawut. Memang belakangan ini baru dialihkan ke jalan Bayy Pass (H Adam Malik). Kalaulah difungsikan, saya yakin PAD Labuhan Batu akan semakin bertambah. Selain itu, dana yang telah terpakai sangat tidak sedikit, akhirnya terkesan sia-sia. Kita dan masyarakat sangat berharap agar terminal itu secepatnya difungsikan,” tegas Kamal, Rabu (15/7) di Rantauprapat.
Sementara itu, pantauan MedanBisnis, di sekitar lokasi, gedung yang ada di depan pintu masuk dindingnya telah keropos, asbes yang ada telah berjatuhan. Bahkan, hampir menyentuh lantai.
Pemandangan itu terlihat hampir di semua gedung yang ada. Bahkan, di bahagian belakang terminal, kaca dinding sebahagiannya berhilangan dan pagar pembatas dengan tanah warga telah ditumbangi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.
Hal ini terjadi diduga akibat akibat tidak difungsikannya terminal tersebut hingga kini. Padahal, bangunan itu telah berdiri sejak 1996 lalu dengan dana awal sekitar Rp900-jutaan, yang saat itu Bupati Pemkab Labuhan Batu masih dijabat Alm Banua Infensyah Rambe. Walau sudah tiga priode dijabat oleh Bupati hingga HT Milwan, terminal itu tidak kunjung difungsikan.
Saat ini, gedung utama terminal itu dipakai oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Labuhan Batu sebagai kantornya. Namun terkesan Dishub tidak bertanggungjawab dalam hal perawatannya, sebab kerusakan yang ada tidak terlihat diperbaiki, bahkan kondisi fasilitas yang ada disekitar terminal semakin menyedihkan. (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: