Pembangunan Bandara di Labuhanbatu Belum Jelas

Pembangunan Bandara di Labuhanbatu terkesan belum jelas. Sementara, pelaksanaan survei di lapangan telah dilakukan. Namun, hasilnya belum terpublikasi. Sedangkan instansi terkait hanya mampu mengatakan masih dalam proses.
Kepala Dinas Perhubungan Labuhanbatu, Ali Muktir ketika dikonfirmasi di kantornya mengaku, hanya tinggal menunggu hasil di kawasan mana yang layak untuk dibangun bandara.
“Memang, pada TA 2008 telah dianggarkan dana sekitar Rp 900 juta untuk biaya survei. Itu sudah dilaksanakan tenaga ahli yang dipilih melalui proses tender,” jelasnya.

Namun, Ali sendiri sampai saat ini belum diketahuai secara keseluruhan dari survei itu. “Karena masih dalam proses,” akunya.
Dijelaskannya, proses survei yang dilaksanakan di 6 lokasi. Masing-masing di daerah Cikampak Kecamatan Torgamba serta di Ajamu Kecamatan Panai Hulu. Selain itu, di Pangkatan Kecamatan Pangkatan, Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu, Berangir Kecamatan NA IX-X dan Padang Halaban Kecamatan Aek Kuo.
Setelah nantinya dapat ditentukan lokasi yang layak untuk pembangunan bandar itu, maka dilakukan survei ulang terkait amdal. “Akan disurvei kembali mengenai dampak lingkungannya,” tambahnya.

Menurutnya, apabila rencana pembangunan nantinya dapat terwujud, diharapkan dukungan dari segala pihak agar proses pembangunan bandara cepat terlaksana.
Dikritik
Lambannya realisasi rencana pembangunan bandar udara (bandara) di Labuhanbatu, mengundang kritik dari kalangan.
“Proses rencana pembangunan bandara belum jelas,” ujar Sekretaris LSM Pijar Keadilan Labuhanbatu, Patrisno kepada wartawan di Rantauprapat. Padahal, kata dia, apabila bandara dapat terwujud, akan menaikkan pendapatan untuk Labuhanbatu, dimana PAD Labuhanbatu sejak tahun 2009 telah terbagi menjadi tiga kabupaten. (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: