Bupati Labuhanbatu: Pengalihan Fungsi Lahan Harus Disikapi

Bupati Labuhanbatu HT Milwan mengatakan, kondisi lahan pertanian sekarang semakin menyempit akibat pertambahan jumlah penduduk, pengalihan fungsi lahan pertanian padi sawah/ladang kepada komoditi lain. Karena itu perlu disikapi secara berhati-hati.
Hal itu dikatakan Bupati dalam arahannya mengawali acara Panen Raya Padi Sawah di dua kecamatan yakni Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan, yang digelar di lokasi persawahan Gabungan Kelompok Tani Kelurahan Aek Paing, Selasa, (28/7).
Panen tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Adlina T Milwan, Wakil Bupati Labuhanbatu H Sudarwanto, Camat Rantau Utara April serta Camat Rantau Selatan H Syahrul Harahap.
Menurut HT Milwan, dalam mempertahankan dan meningkatkan pangan di Kabupaten Labuhanbatu, semua orang harus dapat mensosialisasikan bahwa peralihan fungsi lahan pangan dapat menyebabkan kelangkaan pangan di Kabupaten Labuhanbatu pada masa-masa mendatang.
Untuk itu kata Milwan, dalam mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Labuhanbatu selain melaksanakan program intensifikasi melalui pemakaian bibit unggul, juga dilakukan dengan kegiatan penataan air mikro, pembuatan jalan irigasi desa, jalan usaha tani serta optimalisasi dan reklamasi lahan yang tidak produktif.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Labuhanbatu Lihas Ritonga menjelaskan, lahan sawah yang digunakan pada panen tersebut merupakan hasil kerja sama bantuan saprodi antara Pemkab Labuhanbatu dengan pihak BUMN dalam hal ini PTPN3.
“Luas sawah yang mengikuti program ini sebanyak 350  hektar. Namun, yang bisa panen pada bulan Juli ini seluas 125 hektar yakni di Kelurahan Aek Paing Kecamatan Rantau Utara, untuk lokasi persawahan di Kelurahan Lobusona, dan Ujung Bandar. Sementara di Keluarahan Perdamean Kecamatan Rantau Selatan dijadwalkan pelaksanaan panennya pada Agustus mendatang,” jelasnya.
Kegiatan panen raya tersebut dirangkaikan dengan pemberian bantuan benih jagung sebanyak 170 kg, bibit mahoni 200 batang, bibit mangga 50 batang, obat cacing ternak 200 dosis, desinpektan 200 dosis dan alat semprot ternak 2 set. Bantuan itu diperuntukkan kepada Kelompok Tani di Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan yang diserahkan langsung oleh Bupati didampingi Hj Adlina T Milwan dan H Sudarwanto. (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: