Pola Tanam Serentak Upaya Tingkatkan Produksi Pertanian

Bupati Labuhanbatu HT Milwan mengatakan, pelaksanaan pola tanam serentak salah satu upaya untuk meningkatkan produksi tanaman pangan di samping penggunaan benih unggul.
“Dengan pola demikian kita dapat menghindari risiko serangan hama dan penyakit pada tanaman yang dapat menyebabkan gagal panen,” kata HT Milwan dalam sambutannya pada kegiatan Sedekah Bumi, Tandur Serentak dan Praktek Pembuatan Dodol Nenas, Senin (3/8) di Desa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir.
Dalam kesempatan itu, Bupatu juga memberikan bantuan berupa benih padi unggul secara simbolis itu, kepada 14 kelompok tani di Kecamatan Bilah Hilir sebanyak 44 ton.
Bupati juga mengimbau agar seluruh masyarakat petani saling bersinerji dan bahu membahu dengan mengefektifkan lembaga-lembaga yang berkaitan dengan kelompok tani, seperti, kelompok tani (poktan), petani pemakai air (P3A) dalam mendukung kelancaran operasional jaringan irigasi desa (Jides) dan tata air makro (TAM) untuk meningkatkan produksi tanaman pangan.
Sementara itu, Camat Bilah Hilir Jumirin dan Kepala Desa Sei Kasih H Sugimanto mengatakan, kegiatan Bersih Desa atau Sedekah Bumi, dilakukan secara rutin setiap musim tanam.

Sehingga pada persemaian padi dan pada musim tanam mendatang tidak terjadi serangan hama serta dapat dipanen sesuai jadwal pada Februari 2010 mendatang.
Usai penyerahan benih, Bupati Labuhanbatu juga melakukan penaburan benih padi unggul pertanda dimulainya penyemaian padi oleh kelompok tani. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan praktek pembuatan dodol nenas oleh ibu-ibu dari masyarakat petani. (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: