Monitoring Harga Jelang Ramadhan

Jelang Bulan Ramadhan pihak Dinas Koperas & UKM Perindag Labuhanbatu, Propinsi Sumatera Utara akan melakukan monitoring harga. Itu, merupakan rutinitas setiap tahunnya. Dan, gelar pelaksanaannya akan dilakukan pra 7 hari jelang Ramadhan.
“Ya, kita akan lakukan monitoring harga di pasar,” ujar Kepala Dinas Koperasi & UKM Perindag Labuhanbatu, Rz Soekani melalui Budiman Sembiring Kabid Perdagangan Dinas itu, kemaren.
Pada minimal 7 sebelum bulan Ramadhan itu, tim dari dinas akan turun ke pasar-pasar. Dan, selain di pasar yang berada di ibukota kabupaten juga akan dikerahkan tim ke 9 ibukota kecamatan.
“Masing-masing dilakukan monitoring ke pasar di ibukota kecamatan,” imbuhnya.
Monitoring yang akan dilakukan, kata dia, terkait data dan perkembangan peredaran dan pasokan ketersediaan barang. Khususnya, memantau harga di pasar.
“Monitoring juga mencakup ketersediaan pasokan bahan,” paparnya.
Sementara, ketersediaan sembako saat ini belum ada gejolak.

Itu, baik di pasar yang ada di kota Rantauprapat, maupun di ibukota kecamatan.
Berdasarkan pengalaman seperti tahun sebelumnya, kata dia, memang potensi kenaikan harga bakal terjadi. Khususnya, untuk jenis bahan makanan, seperti daging.

“Ada kecendrungan terjadi kenaikan harga. Terutama, untuk daging. Khususnya, daging sapi. Capaiannya kenaikannya dikisaran 5-7 persen,” katanya.
Tapi, kenaikan itu hanya bersifat sporadis. Yakni, terjadi kenaikan harga jual karena permintaan pasar yang tinggi. “Biasa ketika ummat Islam akan melakukan penyambutan Ramadhan dan Bulan atau hari raya,” tambahnya.
Selain itu, tambah dia, akan ditetap dilakukan pengawasan peredaran barang-barang kadaluarsa. Dilakukan khususnya di pusat perdagangan yang menjual makanan ringan.

“Itu dilakukan dengan koordinasi bersama instasi terkait lainnya. Seperti BPOM, Satpol PP dan lainnya,” tandas dia.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: