Bimtek Dewan Dinilai Hamburkan Anggaran

Kunjungan sejumlah anggota DPRD Labuhanbatu ke beberapa daerah dengan alasan mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) mulai menuai kritik dari berbagai kalangan karena dinilai hanya menghamburkan anggaran.
“Itu kan aneh dan diduga hanya menghamburkan anggaran saja. Apalagi, sebagian besar kalangan dewan itu tidak akan duduk kembali sebagai anggota DPRD setempat di periode mendatang,” ujar Direktur Eksekutif Elsaka Efendi Panjaitan, Jumat (7/8).
Dikatakannya, program tersebut hanya kegiatan yang dibuat-buat. Karena, jika dianalisa, tidak memberi manfaat berarti ke masyarakat di masa mendatang. Karena, kalangan yang mengikuti Bimtek itu, setelah habis masa bahtinya tidak akan memiliki ikatan dan kewajiban untuk mengurus penyusunan buku APBD.
“Setelah kembali ke masyarakat mereka tidak akan berkewajiban dan berkewenangan menyusun draft APBD. Bahkan, mungkin tidak lagi turut serta berpartai,” katanya.
Padahal, jikapun tenaga dan kemampuan yang mereka peroleh setelah mengikuti Bimtek ingin dipakai dan dipergunakan kalangan dewan ke depan, itu masuk dalam kewenangan internal partai masing-masing.

“Semisal jadi konsultan di Partai. Tapi, jika mereka masih aktif dan partai memang membutuhkan keahliannya,” paparnya.
Seharusnya, Bimtek tersebut dilakukan pada tahun pertama. Karena itu, terkesan aneh jika dilaksanakan di akhir masa tugas. Pimpinan dewan, harapnya, mampu lebih tegas terhadap para anggotanya.
Informasi yang diperoleh, setiap orang anggota dewan yang berangkat mengikuti Bimtek tersebut didanai sebesar Rp 9.750.000. Dari 28 angota dewan yang mengikuti Bimtek tersebut, hanya sebanyak 6 orang masih akan duduk sebagai kalangan DPRD Labuhanbatu untuk periode selanjutnya.
Sementara itu, Jahotman Sinaga, seorang anggota DPRD setempat ketika dihubungi masih belum dapat diganggu. Alasannya, masih berada diacara resepsi pesta kerabat dekatnya. “Maaf ya. Saya lagi di acara pesta. Bentar lagi dihubungi,” ujarnya singkat. (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: