Bimbel CPNS PB IKLAS Ditutup, Pj Bupati Sabrina: Tahun Ini Labusel Dapat Jatah Formasi CPNS

Labuhanbatu Selatan akan mendapat jatah formasi CPNS pada tahun ini. Sejauh ini, usulan untuk mendapatkan jatah formasinya sudah diajukan sebanyak 1.900 orang lebih yakni 606 orang di antaranya guru, tenaga medis dan teknis. Namun keputusannya tetap berada di tangan pemerintah pusat karena terkait dengan masalah penggajian. Pj Bupati Labusel Ir Hj R Sabrina MSi mengungkapkan hal itu saat menutup bimbingan belajar (Bimbel), persiapan menghadapi ujian CPNS yang diselenggarakan Pengurus Besar Ikatan Keluarga Labuhanbatu Selatan (PB IKLAS) bekerjasama dengan BT/ BS Bima dan didukung Pemkab Labusel, Dinas Pendidikan Labusel dan Pengurus Pusat Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Labuhanbatu Selatan (PP IPMALABSEL), di halaman SMA Negeri 1 Labusel, Minggu (9/8).
Acara penutupan Bimbel juga dirangkai dengan acara peringatan setahun berdirinya PB IKLAS dan PP IPMALABSEL. Terkait jatah formasi CPNS itu, Sabrina mengajak masyarakat, terlebih para peserta Bimbel CPNS yang berjumlah 179 orang itu agar terus belajar secara sungguh-sungguh dan memanfaatkan peluang tersebut secara baik. “Perlu saya tegaskan, Bimbel CPNS bukan menjamin pesertanya menjadi PNS, tetapi dengan mengikuti Bimbel akan memberikan pengetahuan tentang cara-cara terbaik untuk dapat menjadi PNS,” tegas Sabrina.
Menanggapi tudingan-tudingan negatif yang ditujukan kepada PB IKLAS tentang penyelenggaraan Bimbel, Sabrina minta agar lembaga sosial kemasyarakatan yang independen itu tidak putus asa. “Jangan berputus asa. Jadikan kritikan dan saran sebagai ‘vitamin’ untuk membangkitkan semangat,” ujar Sabrina sembari menyatakan salut kepada PB IKLAS dan IPMALABSEL meski usianya baru setahun tetapi telah banyak berbuat serta memberikan kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat Labusel.
Masih terkait tudingan negatif, Ketua Umum PB IKLAS Drs Rivai Nasution MM menegaskan organisasinya bukan berbisnis, melainkan ikut berupaya membangun Labusel yang cemerlang, turut membantu meningkatkan mutu pendidikan, salah satu di antaranya dengan memberikan Bimbel CPNS tahap pertama yang baru saja selesai dilaksanakan.
Sebab, katanya, masyarakat Labusel tak ingin menjadi penonton di daerah sendiri. Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk saling bahu-membahu bukan sebaliknya saling menghujat. “Dengan pendidikan kita dapat mengubah pola kehidupan kita yang selama ini masih tertinggal jauh dari daerah tingkat II lainnya di Indonesia,” ujar Rivai mengingatkan. Ketertinggalan pendidikan di Labusel juga diakui Prof Dr H Amarulah SE MBA.
Menurut tokoh pendidikan dan penasehat PB IKLAS ini, hal tersebut terjadi disebabkan 50 persen guru SD/SMP dan SMA di daerah tersebut tidak layak berdiri di kelas. Dia memberi contoh, bahkan anaknya sendiri yang pernah menjadi ranking I di SMA negeri tersebut tidak mendapat ranking 500 sekalipun ketika mengikuti ujian masuk Universitas Indonesia (UI). Mutu pendidikan Labuhanbatu sebelum dimekarkan menjadi tiga kabupaten terendah (ranking 14) di Sumut setelah Nias. Tapi ketika Labuhanbatu dipimpin Bupati Banua Rambe mulai 1996 mutu pendidikan mulai bangkit tapi daerah lain juga terus meningkatkan diri sehingga Labuhanbatu tertinggal.
Oleh sebab itu, ia merasa salut kepada PB IKLAS yang dinilainya telah memberikan perhatian dan kepedulian yang sangat tinggi untuk keberhasilan masyarakatnya agar bisa menjadi PNS lewat kegiatan Bimbel CPNS.
Sementara itu, Ketua Panitia Bimbel CPNS Ir Husni Rizal Siregar mengajak masyarakat agar ilmu yang telah diperoleh lewat Bimbel dapat dijadikan alat atau “senjata” dalam menghadapi ujian masuk CPNS. Bimbel CPNS ini, katanya, diikuti oleh 79 peserta dari lima kecamatan di Labusel yakni Kecamatan Kota Pinang, Sei Kanan, Silangkitang, Torgamba dan Kampung Rakyat. (R9/y)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: