Pemkab Dukung Adlina lewat Situs

Situs resmi Pemkab Labuhanbatu,http://www.labuhanbatukab.go.id/, disusupi berita tentang dukungan serta pernyataan sikap dari sejumlah pihak untuk pencalonan istri Bupati T Milwan,Ny Adlina Milwan,pada Pilkada 2010 mendatang.

Dalam berita yang disajikan di situs resmi Pemkab Labuhanbatu itu ada dua berita yang isinya menyatakan dukungan terhadap Ny Adlina Milwan, lengkap dengan fotonya masing-masing. Kedua berita itu berjudul “Kelompok Tani, Pengrajin, Pedagang dan Pengusaha Kecil Dukung Hj Adlina T Milwan sebagai Calon Bupati Labuhanbatu” yang dikirim admin pada Selasa (4/8), pukul 09.37 WIB dan “Hj Adlina T Milwan Dapat Dukungan dari Kelompok Tani”yangdikirimadmin pada Rabu (29/7),pukul 08.17 WIB.

Dalam paragraf pertama berita berjudul ’’Hj Adlina T Milwan Dapat Dukungan dari Kelompok Tani’’ disebutkan pujian kepada Adlina T Milwan yang dianggap sebagai sosok wanita dengan rasa sosial yang tinggi dan tidak lagi asing di mata masyarakat Kabupaten Labuhanbatu. Lebih lanjut disebutkan,Ketua Tim Penggerak PKK ini banyak membantu masyarakat kurang mampu di Kabupaten Labuhanbatu.

Maka itu, wajar jika dalam setiap pertemuan di berbagai kecamatan dan desa/kelurahan,masyarakat dari berbagai elemen selalu menyatakan sikap untuk mendukungnya dalam Pilkada 2010 mendatang sebagai bakal calon Bupati Labuhanbatu 2010–2015. Dalam berita itu juga dituliskan bahwa berbagai dukungan terus mengalir dan ditujukan kepada Adlina Milwan.

Kali ini berasal dari Gabungan Kelompok Tani Sekecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan yang menyatakan sikap untuk mendukung Adlina T Milwan sebagai Balon Bupati Labuhanbatu periode 2010–2015 mendatang. Pernyataan ini disampaikan secara lisan dan tertulis oleh Sumaji yang merupakan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Aek Paing kepada Adlina dalam kegiatan Panen Raya Padi Sawah di kelurahan itu,Selasa (28/7).

Sementara itu, dalam berita berjudul “Kelompok Tani, Pengrajin, Pedagang, dan Pengusaha Kecil Dukung Hj Adlina T Milwan sebagai Calon Bupati Labuhanbatu” disebutkan bahwa walaupun jadwal pelaksanaan Pilkada 2010 mendatang belum ditentukan KPU Labuhanbatu,masyarakat sudah antusias menentukan pilihan dan dukungannya kepada salah seorang calon Bupati Labuhanbatu periode 2010–2015.

Dalam paragraf dua berita itu disebutkan bahwa sebanyak 511 orang pengurus dan kelompok tani yang berada di Desa Sei Kasih dan Tanjung Haloban serta ratusan perajin, pedagang kecil, dan pengusaha kecil secara bergantian menyatakan sikap dan dukungan kepada Adlina T Milwan untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Labuhanbatu periode 2010–2015 mendatang.

Kemudian, dalam berita itu disebutkan bahwa dukungan dan pernyataan sikap itu pertama kali disampaikan langsung Legiman SP mewakili Kelompok Tani Desa Sei Kasih dan Desa Tanjung Haloban, baik secara lisan maupun tertulis kepada Adlina T Milwan.

Menyikapi situs resmi Pemkab Labuhanbatu yang berisi beritaberita tentang dukungan pada pencalonan istri Bupati T Milwan, Ny Adlina Milwan, pada Pilkada 2010 mendatang, anggota DPRD terpilih Kabupaten Asahan Jappar Siddik Nasution menyatakan, tindakan itu sudah merupakan bagian dari kampanye terselubung Ketua PKK Adlina T Milwan meskipun Pilkada 2010 masih lama dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat belum menentukan jadwal pilkada, apalagi menentukan jadwal kampanye.

Maka itu, tindakan dari Ketua PKK Pemkab Labuhanbatu ini perlu disikapi serius para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD).Pasalnya,kegiatan-kegiatan yang dilakukan Adlina T Milwan sudah melebihi kapasitasnya sebagai Ketua PKK dan terkesan mengambil alih tugas dari dinasdinas terkait. “Sebab, apa yang dilakukan Pemkab Labuhanbatu itu jelas melanggar aturan dan etika pemerintahan dan ini bisa terseret menjadi masalah hukum.

Maka itu,bagi para Kepala SKPD harus berani dan tegas jika fungsi dan tugas mereka dijadikan alat kampanye oleh Ketua Tim Penggerak PKK,”tandasnya. Dia menambahkan, apa yang dilakukan istri bupati belum tentu menghasilkan kemenangan dalam Pilkada 2010 mendatang. Karena itu, jika pemenang pilkada mendatang adalah calon lain, tindakan Pemkab Labuhanbatu yang terkesan mencampuri urusan pribadi istri bupati harus menjadi catatan penting bagi kepala daerah terpilih.

Sementara itu, Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Kabupaten Labuhanbatu Yos Batubara menyatakan, Pilkada Labuhanbatu memang tidak sampai setahun lagi. Karena itu, para kandidat yang berniat untuk maju sebagai calon bupati harus bersiap-siap melakukan penggalangan dan dukungan yang bermuara pada promosi diri. Langkah ini memang harus dilakukan. Jika tidak, tak ada gunanya mencalonkan diri.

Namun, dalam melakukan promosi diri, alangkah lebih baiknya jika yang bersangkutan tidak menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang bersumber dari biaya negara atau biaya daerah.“Kalau memang ingin mempromosikan diri, lebih baik buka situs sendiri atau buka Facebook. Di sini bisa lebih bebas berkreasi,”paparnya. Selain itu,Yos menyatakan bahwa promosi diri melalui situs pemerintah jelas akan memunculkan kesan negatif bagi para bakal calon yang lain, terutama kesan cemburu.

“Jika promosi diri menggunakan situs pemerintah tidak haram, kepada pengelola situs Pemkab Labuhanbatu diharapkan adil memberikan kesempatan bagi para bakal calon yang lain.Tidak usah dalam bentuk tulisan berita, dalam bentuk foto saja pun bolehlah,” ujarnya. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Labuhanbatu Hasban Ritonga saat dikonfirmasi terkait adanya situs resmi Pemkab Labuhanbatu yang berisi berita dukungan terhadap istri Bupati T Milwan, Ny Adlina T Milwan, menyatakan belum mengetahuinya.

“Belum saya buka situsnya. Coba tanya dulu humas, mungkin dia yang tahu itu,”tuturnya menjawab harian Seputar Indonesiakemarin. Sementara itu, Bupati Labuhanbatu T Milwan tidak bisa dikonfirmasi terkait situs Pemkab Labuhanbatu yang berisi berita-berita dukungan terhadap pencalonan istrinya, Ny Adlina T Milwan,sebagai bupati pada Pilkada 2010 mendatang.

Saat dihubungi, T Milwan tidak mengangkat ponselnya. Dia juga tidak membalas pesan singkat yang dikirimkan kepadanya. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: