Rekanan di Bina Marga Labuhanbatu Tawar Proyek 75% dari Harga OE

Proses pelaksanaan lelang proyek fisik di Dinas Bina Marga, Pengairan, Pertambangan dan Energi (BP Pertamben) Pemkab Labuhanbatu tahun 2009, dipertanyakan. Sebab, sejumlah rekanan menawar pekerjaan itu harganya (nilai proyek) hanya berkisar 75% dari nilai pagu dana yang ditetapkan pemilik (owner estimate/OE).
Nilai penawaran yang sangat rendah tersebut ditemukan pada sejumlah proyek di antaranya proyek Peningkatan Jalan Sei Rakyat – Labuhan Bilik-Sei Berombang, Kecamatan Panai Tengah/ Panai Hilir senilai Rp 20 miliar, hanya ditawar Rp 15,999 miliar lebih oleh PT Buana Baru Nusantara.
Kemudian, pembangunan proyek Pemeliharaan Priodik Jalan jurusan Simpang Aek Buru-Padang Laut, Kecamatan Bilah Barat yang nilai pagu dana Rp 2,278 miliar ditawar Rp 1,878 miliar lebih oleh PT Audison Nusantara. Nilai penawaran yang dianggap kurang rasional tersebut mendapat kritikan dari beberapa rekanan dan lembaga lainnya.
“Bayangin saja, jika ditambah dengan PPh dan PPn, sudah berapa yang terbuang. Apa mungkin mampu mengerjakannya. Kalaupun nanti memenangkan proyek itu, wajarlah jika pihak terkait diharapkan melakukan pengawasan super ketat,” kata Direktur CV Pinayungan Kamal Ritonga.

Menurut pantauan wartawan, rendahnya nilai tawar tersebut menjadi buah bibir rekanan. Mereka mengkhawatirkan kalau proyek itu bakal dikerjakan asal jadi. Sekadar diketahui, saat ini direnderkan 29 paket dengan total dana anggaran Rp 60,162 miliar yang didanai dari DAU dan DAK tahun 2009.
Para rekanan juga memertanyakan mengapa panitia hanya menyertakan beberapa persyaratan yaitu, nomor, nama perusahaan, surat penawaran, jaminan penawaran, daftar kuantitas harga dan nilai penawaran.
“Banyak lagi syarat yang penting, salah satunya time schedule, namun tidak dicantumkan panitia,” kritik salah seorang rekanan. Ketua Panitia Lelang Dinas BP Pertamben Arifinsyah ST belum dapat dikonfirmasi, sebab yang bersangkutan masih sibuk melaksanakan proses lelang. (MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: