DPRD Segera Ajukan Interpelasi

DPRD segera mengajukan hak interpelasi dan hak angket terhadap Bupati Labuhanbatu, terkait kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Tahun Anggaran(TA) 2008yang dinilai buruk.

Saat ini panitia musyawarah (panmus) sedang menggodok jadwal sidang paripurna. “Rencana penggunaan hak istimewa itu sedang dibahas di panmus untuk mengagendakan kapan jadwal sidang paripurna hak interpelasi digelar,” tutur Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Labuhanbatu Chairuddin kepada wartawan kemarin.

Menurut dia,di akhir masa tugas sebagai wakil rakyat, anggota DPRD periode 2004–2009 ingin membuat yang terbaik agar dapat dijadikan kenangan manis bagi warga Labuhanbatu, khususnya yang ada di Labuhanbatu Induk. Maka itu, anggota DPRD Labuhanbatu akan memperjuangkan agar sidang paripurna hak interpelasi dan angket dapat digelar secepatnya. “Kalau semua anggota setuju, dalam seminggu saja sidang hak interpelasi dan angket dapat dilaksanakan.

Sebab, materi apa yang akan kami pertanyakan dan yang perlu untuk diselidiki sudah kami kantongi.Kecuali, pada hak interpelasi nanti semua pertanyaan tentang keterlambatan dan dasar hukum dari perpanjangan proyek dapat dijawab Pemkab Labuhanbatu,” tuturnya. Menurut Chairuddin, dari semua data yang sudah ada, banyak keganjilan dari kinerja pemkab,di antaranya pada laporan semester yang dikirimkan Pemkab Labuhanbatu ke Dewan.

Laporan ini diduga tidak sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 58/2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Dia menyatakan, laporan keuangan yang diberikan kepada Dewan bukan hanya berkas kopian penerimaan realisasi keuangan per semester,tetapi harus yang asli dan dilengkapi pemaparan berapa jumlah uang yang masuk ke kas dan penyebab adanya satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tidak dapat memenuhi target yang telah ditentukan.

Begitu juga dengan rencana Pemkab Labuhanbatu ke depan untuk mengatasi permasalahan itu sehingga target itu dapat terealisasi sesuai rencana. “Laporan keuangan per semester yang diberikan pada DPRD saat ini salah karena biasanya harus dilengkapi prognosis. Ini penting agar jelas apa kendala yang dihadapi dan kenapa target yang ditentukan tidak bisa terpenuhi. Selain itu, harus ada solusi untuk mengatasinya,” paparnya.

Sementara itu,salah seorang calonanggotaDPRDLabuhanbatuterpilih periode 2009–2014,Jappar Siddik Nasution, menyatakan sangat mendukung rencana anggota DPRD yang ingin menggunakan hak interpelasi dan hak angket tersebut. “Saya mendukung sepenuhnya usulan hak interpelasi dan angket yang diajukan sejumlah anggota DPRD. Sebab, banyaknya kebijakan Bupati T Milwan yang dinilai melanggar aturan,”tandasnya kepada Seputar Indonesiakemarin.

Dia menuturkan, anggota DPRD diminta benar-benar menindaklanjuti rencana pengusulan hak interpelasi dan angket itu karena keinginan untuk memperbaiki kinerja Pemkab Labuhanbatu.Dia meminta agar pengajuan kedua hak DPRD itu jangan sampai dilakukan karena masa jabatan anggota DPRD yang sudah singkat dan dilakukan sebagai upaya untuk menakut- nakuti bupati. “Anggota DPRD harus benarbenar menindaklanjuti penggunaan hak interpelasi dan angket itu.

Jangan karena masa jabatan mereka sudah mau berakhir, hak itu dijadikan sebagai alat untuk menakut-nakuti bupati yang tujuannya bargaining( tawar-menawar),”tuturnya. Jappar Siddik Nasution menambahkan, dia curiga setelah bargaining itu,anggota DPRD periode 2004–2009 meminta supaya utang tunjangan komunikasi intensif (TKI) yang saat ini belum dibayar lunas oleh sejumlah anggota DPRD ditutupi Pemkab Labuhanbatu.

“Jangan pula tujuan pengusulan hak angket itu menjadi sebuah bargaining yang tujuannya untuk menutupi utang dana TKI,”tandasnya. Sementara itu, anggota DPRD Labuhanbatu Syarifuddin Tanjung menanggapi pernyataan Jappar itu menyatakan bahwa pendapat itu sah-sah saja.

Dia juga mengucapkan terima kasih karena kinerja anggota DPRD diawasi. “Pendapatnya sah-sah saja untuk mengemukakan pendapat dan saya berterima kasih karena dia (Jappar) mengawasi jalannya pengajuan hak interpelasi dan angket DPRD,” tutur politikus dari Partai Bulan Bintang (PBB) itu. (sn)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: