PNS Diminta Netral pada Pilkada 2010

Mekipun Pilkada Labuhanbatu baru dilangsungkan2010nanti, sejumlahwarga mengimbau agar pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Labuhanbatu bersikap netral dalam menghadapi pilkada mendatang.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat M Dayat Nasution mengatakan, sikap netral itu ditunjukkan dengan tidak mengkampanyekan seorang figur calon bupati serta tidak menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye terhadap calon bupati. “PNS dilarang terlibat langsung dalam kegiatan kampanye untuk mendukung salah salah calon bupati.

Untuk itu sekda perlu menyebarkan surat imbauan ke setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar bersikap netral mulai sekarang,”kata Dayat kepada wartawan kemarin. Dia juga mengatakan, untuk menjaga netralitas, seluruh PNS Pemkab Labuhanbatu ditekankan untuk memberi perlakuan yang sama kepada seluruh calon bupati mendatang.

“Jangan pula karena calon bupatinya dekat dengan birokrasi, para SKPD juga turut membentuk tim sukses (TS) di desa-desa. Ini sudah melanggar aturan main,” kata Dayat. Lebih lanjut dia mengatakan, para pejabat juga harus bersikap netral dan tidak melakukan intimidasi baik kepada camat dan kepala desa untuk mencari massa pendukungnya. Maka itu,jika ada oknum kepala desa dan camat yang melakukan intimidasi, dia meminta agar oknum tersebut segera ditangkap oleh pihak kepolisian.

“Apalagi menjelang pilkada ini sudah ada kedengaran oknum-oknum yang ingin memenangkan salah seorang calon bupati.Maka masyarakat harus lebih jeli melihat hal ini,”ucapnya. Secara terpisah salah seorang mantan camat di Kabupetan Labuhanbatu yang enggan dituliskan namanya mengatakan, pada Pilkada tahun 2004 lalu pihaknya ditekankan agar memenangkan salah satu calon incumbentsaat itu.

“Waktu itu uang saya pribadi lebih Rp50 juta habis untuk biaya pemenangan salah satu calon bupati. Maka diharapkan masyarakat mulai sekarang supaya memantau para camat agar bersikap netral dalam pemilihan kepala daerah nanti,”ucapnya. Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Labuhanbatu Hasban Ritonga mengatakan para PNS memang harus bersikap netral menjelang Pilkada Labuhanbatu 2010.

Untuk menegaskan hal itu,Pemkab Labuhanbatu berencana menyebarkan surat imbauan kepada para PNS untuk bersikap netral menjelang pilkada. “Nanti menjelang pemilihan kepala daerah kita akan sebarkansuratimbauankepadaPNS untuk bersikap netral,”ucapnya. (sn)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: