Produksi Sampah Labuhanbatu 720 Ton Perbulan

Produksi sampah di Labuhanbatu relatif besar. Tak kurang, selama sebulan mampu menghasilkan jumlah mencapai 720 ton. Atau, perharinya mencapai 24 ton. Itu, merupakan sampah dibeberapa kecamatan yang ada.

“Sehari sekira 24 ton. Jadi, kalau sebulan mencapai 720 ton sampah,” kata Kepala Dispaskeb Labuhanbatu H Sotar Lubis kemaren kepada wartawan.

Menurut Sotar, dalam kesehariannya sampah itu diangkut dari Kecamatan Bilah Barat, Pajak Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu, Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir, Ajamu Kecamatan Panai Hulu dan beberapa kota kecil lainnya. Sedangkan untuk kota Rantauprapat, jumlahnya menurut Sotar tidak terlalu besar.

Ditambahnya, areal TPA sampah diperkirakan 5 hektar yang berlokasi di TPA Perlayuan, Kelurahan Pulo Padang, Kecamatan Rantau Utara.

Untuk mengantisipasi semakin bertumpuknya sampah dan mengakibatkan kekurangan lahan pembuangan, saat ini pemkab sedang melakukan pencarian lokasinya.

“Lokasi yang ideal harus berjurang dan lekukan tanah yang dalam. Serta, jauh dari pemukiman masyarakat,” tambahnya.

Pihaknya, kata Sotar sudah melakukan peninjauan kebeberapa tempat. Namun, belum ada yang layak untuk dijadikan TPA sampah. “Tapi kita terus melakukan upaya,” tambah Sotar.

Disinggung tentang upaya pengurangan penumpukan dan masih adanya sampah yang berserakan dilokasi yang dilarang, Sotar menjelaskan itu semua dibutuhkan dukungan dari semua pihak dan kesadaran masyarakat sendiri. Usaha pelarangan sudah dilakukan dengan memasang beberapa plank. Namun tanda larangan itu hilang dengan sendirinya.

“Makanya sangat diharap semua pihak untuk sama-sama menjaga lingkungan,” harap Sotar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: