Anggota DPRD Labuhanbatu Diminta Kembalikan Mobil Inventaris

DPRD Labuhanbatu diminta supaya mengembalikan sejumlah barang milik pemerintah yang selama ini menjadi inventaris Sekretariat DPRD. Pengembalian seperti mobil, sepeda motor, laptop, kamera digital dan inventaris lainnya diharapkan setelah masa jabatan 45 anggota Dewan berakhir.
Sekretaris DPRD Labuhanbatu Fuad Siregar menjawab wartawan, Kamis (13/8) mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan melayangkan surat ke pimpinan dan anggota DPRD untuk mengingatkan bagi yang melakukan pinjam pakai barang, baik barang bergerak (kendaraan dinas) maupun barang tidak bergerak (peralatan), supaya dikembalikan dalam keadaan baik ke Pemkab Labuhanbatu.
“Sesudah berakhir masa jabatan anggota DPRD surat peringatan ini akan dikirimkan agar barang-barang inventaris dapat dikembalikan ke Pemkab,” ungkapnya.
Menurut dia, pengembalian barang inventaris itu dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 tahun 2007, yang menyebut setelah anggota DPRD tidak menjabat lagi harus mengembalikan barang inventaris yang digunakan.
Sementara dalam pasal 64 dikatakan, penghapusan/penjualan sebagaimana dalam pasal 63 ayat (1) huruf b, inventaris yang berusia 10 tahun lebih. Sedang penjualan kenderaan dinas operasional dilakukan melalui pelelangan umum terbatas sesuai dengan keputusan kepala daerah.
Ditegaskan Fuad, mobil Pool harus dikembalikan setelah masa jabatan anggota DPRD berakhir. Sedangkan mobil dinas jabatan pimpinan Dewan bisa dilelang sesuai Permendagri.
Dia menambahkan, mobil Pool saat ini yang dipakai para anggota DPRD Labuhanbatu di antaranya, 3 unit mobil operasional pimpinan dewan dan 6 unit mobil Kijang Innova yang dipakai ketua-ketua fraksi.
“Selain itu, 45 unit sepeda motor, 24 unit laptop dan 45 kamera digital akan kita himbau supaya dikembalikan sampai batas akhir masa jabatan para anggota DPRD,” katanya.
Sekwan mengakui, dalam hal ini pihaknya hanya sebatas menghimbau anggota DPRD agar mengembalikan barang inventaris dimaksud. Namun, kalau anggota Dewan tidak mengembalikannya, ada pihak lain yang melakukan penarikan.
Ketua Fraksi PPP Irwansyah Ritonga mengakui dirinya berniat mengembalikan mobil Kijang Innova yang digunakannya selama ini. Namun, kata dia, ada batas tenggang waktu selama 3 bulan setelah masa akhir jabatan anggota DPRD berakhir.
“Dalam regulasi lain disebutkan 3 bulan setelah berakhir masa jabatan anggota Dewan diberikan waktu untuk mengembalikannya,” katanya. (S25/i)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: