Limbah Bermasalah Pemkab Labuhanbatu Surati PKS Cisadane

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu melayangkan surat teguran terhadap Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Cisadane. Karena limbah yang diproduksi perusahaan tersebut diduga telah mencemari lingkungan sekitar.
Demikian disebutkan Kasub Bidang Konservasi Lingkungan Hidup, Wagiyo kepada waratawan di ruanganya, akhir pekan lalu. “PT Cisadane telah diberikan teguran secara tertulis pada awal juli 2009. Kita berharap PT Cisadane dapat merealisasikan seperti yang digariskan dalam pengolahan limbah,” katanya.
Dijelaskannya, tenggat waktu yang diberikan kepada perusahaan yang mengelola limbah itu selama tiga bulan. Pada Kepmen Negara Lingkungan Hidup Nomor: KEP-51/MENHL/10/1995 tentang baku mutu limbah cair, disebutkan, bagi Kegiatan Industri pasal 1 nomor 2 dijelaskan baku mutu limbah cair industri adalah batas maksimum limbah cair yang diperbolehkan dibuang ke lingkungan.
Sebelum dilakukan penelitian uji limbah kembali pertiga bulan terhadap perusahaan yang mengelola limbah, semestinya perusahaan memperbaikinya. “Jika tidak dilaksanakan, maka perusahaan bersangkutan akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ucap Wagiyo tanpa merinci sanksi apa dan batas-batas kewajaran yang telah dilanggar perusahaan dimaksud.
Keterangan yang dihimpun di lokasi, PKS yang berada di Desa Sigambal, Kecamatan Rantau Selatan itu, hampir setiap hari limbahnya dibuang ke sungai Aek Kundur. Sementara, air dari sungai tersebut dikonsumsi warga setempat. Apalagi sungai itu masih berada di kawasan pemukiman itu.
“Pihak perusahaan sengaja membuang limbahnya pada jam tidur. Biasanya pada dini hari antara pukul 03.00 – 04.00 WIB. Limbah yang dibuang itu, jelas terlihat pagi harinya karena masih mengendap dan berwarna hitam pekat di badan sungai,” kata Patrisno, mewakili salahsatu elemen masyarakat setempat yang selalu menyoroti limbah perusahaan itu. (MB)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: