Ziarah Kubur Sambut Ramadhan

Nuansa Ramadhan 1430 hijriah kian kental. Jelang bulan suci itu, berbagai lokasi perkuburan muslim di Rantauprapat ramai dikunjungi penziarah.

Walau bulan puasa Ramadhan masih menyisahkan waktu dua hari lagi, namun aktivitas masyarakat kota Rantauprapat khususnya dan warga Labuhanbatu pada umumnya terlihat melakukan ziarah kubur dalam menyambut bulan Ramadhan.

Hal itu merupakan rutinitas warga di kota Rantauprapat dalam menyongsong datangnya bulan suci tersebut. Di lokasi perkuburan itu, para penziarah menurut tradisi yang ada melakukan do’a memohon kepada Allah SWT untuk melapangkan kubur sanak famili pengunjung di Alam kubur.

Dengan ramainya pengunjung hadir ke berbagai lokasi perkuburan yang ada di kota Rantauprapat, menjadikan lahan mengais rezeki bagi para pedagang bunga musiman, tukang parkir kenderaan dan khususnya lagi para pengemis.

Hal itu jelas terlihat, salah satunya di kompleks perkuburan Muslim Paindoan, Rantauprapat, Labuhanbatu. Kondisi serupa juga terlihat di kawasan pekuburan-pekuburan muslim lainnya. Seperti di jalan KH Dewantara Rantauprapat. Kedatangan bulan Ramadhan dipastikan akan ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Salah sorang pedagang bunga musiman, di kompleks perkuburan Paindoan membenarkan hal itu. “Jelang Ramadhan masyarakat ramai datang menziarahi sanak famili masing-masing. Ya, jadi ramai membeli bunga,” terangnya.

Bunga-bunga (kembang-red) itu, sesuai tradisi akan ditabur ke pusara setelah melakukan prosesi ziarah. Kesempatan seperti ini, kata pedagang yang tidak ingin disebut namanaya, dijadikan momen yang tepat untuk mengais rezeki.

Sedangkan bunga yang didapat, katanya dengan cara membeli dari beberapa pemilik Taman bunga yang ada di kota Rantauprapat. Selanjutnya di bungkus. Dan, akan dijual kepada pengujung seharga Rp3000. “Atau, 3 bungkus Rp5000,” ungkapnya di lokasi dagangannya.

Setiap harinya, aku dia, minimal 30 bungkus bunga akan laku dijual. “Bila satu hari sebelum puasa bahkan akan mampu dijual kepada pengunjung bunga sendikitnya 100-an bungkus. Lumayanlah, dengan keuntungan yang diperoleh sedikit mampu membantu perekonomian keluarga di bulan Ramadhan,” paparnya.

Selain itu, di lokasi pekuburan itu juga tampak rutinitas serupa, kehadiran para penyedia jasa parkir kendaraan, baik Sepeda Motor maupun Mobil. Dari menyediakan jasa itu, ditaksir, penyedia jasa parkir tersebut mampu meraih laba tak kurang dari Rp 50 ribu perhari. Bahkan, para pengemis juga tak jarang terlihat memperoleh rezeki recehan dari para penziarah.

PKS Labuhanbatu

Semarak menyambut kehadiran bulan Ramadhan juga tampak dari kalangan Partai PKS. Bahkan, PKS mengaku gembira menyongsong bulan penuh berkah itu. Ketua DPD PKS Labuhanbatu H Marasakati Harahap, Lc, menyampaikan, kedatangan bulan suci ramadhan haruslah disambut dengan gembira. “Kita ingin tularkan kegembiraan menyambut bulan suci Ramadhan kepada warga Labuhanbatu. Sudah saatnya keistimewaan ramadhan dioptimalkan. Jangan disia-siakan,” ujar Marasakti.

Maraksakti menambahkan, setiap tahunnnya sesuai dengan agenda rutin tahunan DPP PKS, Pawai sambut Ramadhan. Katanya, untuk tahun ini dimulai dari Masjid Ar Ridho Ujung Bandar. Selanjutnya, dilakukan dengan berbagai kegiatan. Termasuk pawai kelilling Kota Rantauprapat disertai dengan menyebarkan brosur dan jadwal imsakiyah ramadhan dan berakhir sholat Ashar berjamaah di Masjid Agung Rantauprapat.

Salahseorang pengurus DPD PKS Labuhanbatu Ahmad Mulkan, menambahkan, untuk menyemarakkan bulan Ramadhan 1430 H, PKS di setiap tingkatan memeriahkan kedatangan bulan suci tersebut dan salah satunya adalah melaksanakan pawai.

Menurutnya, Ramadhan harus disambut dengan suka cita karena ramadhan tersebut merupakan kewajiban bagi umat Islam untuk melaksanakannya dengan penuh semangat, khusuk dan memperbanyak infak dan sedekah kepada fakir miskin, anak yatim dan rumah ibadah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: