Mantan Kasek SMP Negeri 3 Bilah Hilir “Sunat” Beasiswa Bakat dan Prestasi

Mantan kepala sekolah (kasek) SMP Negeri 3 di Desa Sidomulyo Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu yang saat ini menjadi Kabag Sosial di Kabupaten Labuhanbatu Utara Khairul Saleh Hasibuan SPd menyunat beasiswa dari pemerintah untuk siswa berbakat dan berprestasi pada Tahun Anggaran 2008 lalu.
Penerima beasiswa bakat dan prestasi di sekolah dimaksud berjumlah 5 orang masing-masing mendapat Rp.900.000 tu Juni Widya Ulfa Lubis kelas 2, Yudi Syaputra kelas 3, Suherman kelas 3, Nanda Laula Apita kelas 3 serta Lela Purnama Sari kelas 3. Namun yang diterima siswa hanya Rp 400.000, saja artinya kepala sekolah menyunat Rp 500.000 per siswa.
Hasil penelusuran beberapa wartawan bersama Ketua Komite SMP Negeri 3 Bilah Hilir R Sipayung (46) kala menyambangi kediaman orangtua siswa, Jumat sore (21/8) mengungkapkan bahwa anak mereka hanya menerima beasiswa Rp 400.000, bukan Rp 900.000.
Tini (36) orangtua siswa Nanda Laula Apita warga Desa Sidomulyo mengaku bahwa anaknya menerima beasiswa hanya Rp 400.000 saja, bukan Rp 900.000.
Kepala sekolah memberikan langsung beasiswa kepada anakku hanya Rp 400.000 saja,” ungkap Tini menirukan pengakuan anaknya yang saat ini melanjutkan pendidikannya di Medan.
Di tempat terpisah Agus Lubis (43) orangtua Juni Widya Ulfa Lubis ketika ditemui di kediamannya kompleks perumahan karyawan PT Hari Sawit Jaya (HSJ) kebun Selatan mengakui bahwa anaknya menerima beasiswa dari kepala sekolah hanya Rp 400.000, bukan Rp 900.000.
“Anakku menerima beasiswa langsung dari tangan kasek Rp 400.000 saja bukan dari guru lain,” ungkapnya menirukan pengakuan anaknya yang sedang duduk di sampingnya.
Selain itu, orangtua siswa lainnya Rosmery (42) mengungkapkan bahwa siswa kelas III selama selalu dikutip uang Rp 30.000 per siswa untuk perpustakaan selama setahun. Anehnya, perpustakaan dimaksud hingga kini tidak jelas keberadaannya.
“Kutipan perpustakaan Rp30.000 per siswa khusus kelas III selama setahun, tapi perpustakaannya entah dimana,” tegasnya.
Mantan Kepala sekolah SMPN 3 Bilah Hilir Khairul Saleh SPd ketika dikonfirmasi melalui selularnya beberapa waktu lalu kepada wartawan mengatakan bahwa beasiswa bakat dan prestasi sudah dibagikan. “Sudah dibagikan itu dan tak ada pemotongan, tanya Bu Yasma saja ya, pak” ujarnya lalu mematikan hpnya.
Ketika hal itu dikonfirmasi kepada Yasma, salah seorang guru honor di sekolah dimaksud beberapa waktu lalu kepada wartawan mengaku bahwa dirinya tidak tahu menahu masalah beasiswa bakat dan prestasi itu. “Saya membidangi masalah kurikulum, beasiswa dimaksud saya tidak tahu menahu,” tegasnya kepada beberapa wartawan.
R Sipayung juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa kesal atas tindakan pengutipan dan penyunatan yang dilakukan mantan kepala sekolah, sebab hal itu tidak pernah sebelumnya didiskusikan.
“Pengutipan bukan hasil musyawarah dengan komite sekolah, tetapi ulah pribadi mantan Kasek,” tegasnya.
Taufik SPd selaku Pejabat sementara (Pjs) di institusi formal milik pemerintah itu ketika ditemui di ruang kerjanya kepada wartawan belum lama ini mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui masalah hal itu sebab baru beberapa bulan ditugaskan di SMP Negeri 3 Bilah Hilir.
Orangtua siswa mengatakan bahwa mantan kepala sekolah dimaksud tidak mendukung program pemerintah yang sudah menganggarkan biaya pendidikan 20 % APBN serta wajib belajar 9 tahun namun justru mengambil keuntungan pribadi dengan berbagai macam dalih guna mendapatkan uang dari anak didiknya.
“Pihak terkait diharapkan dapat mengambil tindakan terhadap yang bersangkutan guna membuat efek jera,” harap orangtua siswa. (Fis/m)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: