Pilkada di 11 Kabupaten-Kota Serentak

Sebelas dari 23 kabupaten/kota di Sumatera Utara dipastikan akan melaksanakan pilkada pada 2010 secara serentak. Ke-11 daerah itu adalah Medan, Binjai, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Sibolga, Nisel, Pakpak Bharat, dan Labuhanbatu. Hal itu karena masa tugas masing-masing kepala daerahnya berakhir bersamaan waktunya.
Demikian dijelaskan oleh Ketua KPUD Sumut Irham Buana Nasution, saat dihubungi MedanBisnis, Minggu (30/8). Bahkan, juga dimungkinkan serentak bagi 5 daerah otonomi baru, yakni Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Nias Barat, Nias Utara dan Kota Gunung Sitoli.
KPUD kabupaten/kota juga sudah banyak yang meminta agar mereka difasilitasi dan dikoordinir, sehingga program dan tahapan yang dibuat dapat sama.
Sedangkan untuk 12 kabupaten/kota lainnya, sebut Irham, sulit untuk digelar secara serentak, karena masa berakhir tugas masing-masing kepala daerahnya berbeda. Namun, bisa saja digelar secara serentak jika ada regulasi baru yang mengatur agar jangan sampai menimbulkan masalah,” katanya.
Irham mengakui bahwa pelaksanaan pilkada secara serentak memberikan poin positif, di antaranya anggaran yang digunakan lebih hemat, monitoring lebih sederhana, dan mengurangi kejenuhan masyarakat dalam  mengikuti pelaksanaan pemilu yang waktunya saling berdekatan secara terus-menerus.
Ia menambahkan, untuk persiapan pilkada 2010, pihaknya telah meminta KPUD kabupaten/kota untuk melakukan persiapan, berupa pembuatan draf tahapan jadwal pilkada dan program yang akan dijalankan, serta draf anggaran.
“Walaupun regulasi dibuat oleh pusat, bukan berarti KPUD kabupaten/kota tidak ada kerja. Mereka juga harus mempersiapkan beberapa hal yang akan kami bahas pada rapat koordinasi mendatang,” terangnya.
Prioritas
Menurut Irham, dari 11 daerah yang akan menggelar pilkada secara serentak itu, Kota Medan menjadi prioritas perhatian. Alasannya, Pilkada Medan merupakan miniatur gambaran pilkada di Sumut secara menyeluruh.
Jumlah pemilih di Kota Medan lebih banyak dibandingkan daerah lainnya. Begitu juga kemungkinan jumlah pasangan calon yang bertarung lebih banyak.
Jika pelaksanaan pilkada di Kota Medan sukses, lancar dan aman, Irham menilai hal yang sama dapat dipastikan terjadi pada pelaksanaan pilkada di kabupaten/kota lainnya.
Ia memperkirakan bakal ada 8 pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada Medan, terdiri 5 dari partai politik, 3 dari calon independen.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: