Kualitas Aspal Hotmix Diduga Rendah

Aspal curah hotmix milik PT Adi Karya diduga bermutu rendah. Akibatnya, produsen aspal yang berlokasi di Desa Pematang Seleng, Kecamatan Bilah Hulu, Labuhanbatu, jadi gunjingan para penyedia jasa.
Sebab, baru berselang beberapa tahun, badan jalan yang diaspal menggunakan hotmix yang diproduksi perusahaan tersebut telah retak-retak. Bahkan, terkelupas dan berserakan di jalan.
Beberapa rekanan yang mengetahui aspal hotmix yang dipakai rekanan untuk membangun ruas jalan darat yang ada di Wilayah Labuhanbatu menilai mutu aspal di bawah standar. Sebab, di dalam campuran aspal dimaksud masih ditemukan batu kerikil yang tidak pecah.
“Panas aspal yang bakal dihampar diduga sudah jauh berkurang, batu kerikil yang bulat lolos ke dalam “adonan” hotmix. Hal itu berpengaruh ke lataston (lapisan aspal beton) dan tidak kuat saat dilintasi kenderaan,” kata Ruswan, salah seorang warga Rantauprapat, Selasa (1/9). Pengakuan serupa juga dikemukakan rekanan.
Namun, para rekanan mengaku tetap harus memesan aspal hotmix yang diproduksi PT Adi Karya. Sebab, hanya perusahaan itu yang memasok aspal hotmix untuk daerah Labuhanbatu, Asahan dan Tapsel.
“Selama ini kami dan dinas terkait saja yang selalu disalahkan, jika aspalnya retak. Kalau mau baik, mari sama-sama kita benahi semuanya,” kata seorang rekanan yang minta namanya untuk tidak dituliskan. Menurut pemantauan wartawan, hampir di semua ruas badan jalan yang menggunakan aspal hotmix tidak bertahan lama. Akibatnya, Pemkab Labuhanbatu hampir setiap tahun mengucurkan anggaran untuk perawatan jalan.
Direktur Perwakilan PT Adi Karya Patoni, yang sudah berulang kali dikonfirmasi wartawan, melalui handphone, enggan memberikan keterangan menanggapi tudingan rendahnya mutu aspal hotmix yang diproduksi BUMN karya tersebut.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: