Indikasi korupsi di Labuhan Batu

Direktur eksekutif Pusat Kajian Strategis Labuhan Batu (PUSKALAB), Insan Khoirul Qolbi Pane, mengimbau seluruh masyarakat di Labuhan Batu bersatu padu dan setia terhadap segala bentuk penyelewengan uang rakyat. Kekayaan alam di kabupaten ini, jangan dibiarkan dinikmati segelintir orang.

“Rakyat harus melawan. Kita disebut kabupaten petro dolar, tapi banyak jalan di daerah ini yang rusak parah dan rakyatnya banyak yang nganggur,” ungkapnya, sore ini.

Insan mengungkapkan, HTM diduga telah melakukan korupsi sebesar Rp36 miliar dana APBD 2006. HTM juga telah menyelewengkan jabatannya dengan pemutasian ratusan guru kepala SD, banyak proyek yang tidak diselesaikan, bahkan proyek tahun anggaran 2008 sama sekali tidak dikerjakan.

HTM juga diindikasikan melakukan komersialisasi dan bisnisasi jabatan di jajaran pemerintahan dan melakukan pemerasan dengan dalih “fee” proyek terhadap pelaku rekanan (kontraktor).

Selain itu, sebut Insan, HTM juga diduga telah mengamburkan uang miliaran rupiah dengan pemberian beasiswa kepada 24 mahasiswa asal Labuhanbatu ke luar negeri yang diambil dari Pendahuluan APBD. Tindakan HTM tersebut dinilai tidak adil karena hanya mengikutsertakan mahasiswa anak pejabat dan keluarga kaya lainnya.

Hal yang sama juga dilontarkan oleh presiden Aliansi Mahasiswa Anti Korupsi (AMAK), Nur Bain, HTM, telah melakukan penggarapan hutang lindung di Kecamatan Labuhanbilik dan Panai Tengah untuk kepentingan bisnis di tahun 2005 serta diduga menggelapkan gaji guru fungsional yang masing-masing Rp100.000 selama dua tahun untuk 6.800 tenaga guru.

“Kita tahu Deputi Pendidikan Sosialisasi Masyarakat KPK Wuryono Prakoso dang anggota KPK lainnya telah turun ke Labuhanbatu, dan kita harapkan KPK konsisten dan segera menyeret HTM ke pengadilan Tipikor,” pungkas Nur Bain. (W)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: