Protes Pemerintah, Masyarakat Tabur Benih Ikan Lele di Jalan

Ruas jalan rusak tidak saja membuat gerah pengendara sepeda motor, pengemudi mobil dan warga. Pada Senin (7/9) sejumlah calon anggota DPRD, pimpinan partai politik (parpol), pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), tokoh masyarakat dan pemuda, turun ke Jalan Binaraga Kota Rantauprapat, Labuhanbatu, yang rusak berat untuk menabur benih ikan lele dumbo di genangan air yang ada di badan jalan.
Pengendara yang melintas pun penasaran dan ingin mengetahui kegiatan warga yang tumpah ramai-ramai di badan jalan yang berjarak puluhan meter dari Kantor Camat dan Kantor Danramil Rantau Utara itu.
“Ada apa ya ramai-ramai di jalan itu. Nggak seperti biasanya orang ngumpul di jalan rusak itu,” tanya pengendara kepada warga ketika melintas menuju ke arah Hutaginjang.
Ternyata sejumlah calon anggota DPRD seperti Marisi Hasibuan, Jappar Siddik, Lahmuddin, pengurus parpol Ir Reymond dari Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), M Syarif dari Partai Demokrat, PNBKI, PBB, Nonik dari Partai Patriot Pancasila, Daslan Simanjuntak MSI dari PPPI, Thien Gunawan dari PPI, Nelson Manalu dari Partai Buruh. Turut hadir pengurus HKTI Bina Ginting, tokoh masyarakat Hakim Lubis dan tokoh pemuda melakukan aksi tabor benih ikan lele dumbo dan membentang poster-poster di jalan rusak yang berjarak sekitar 50 meter dari Kantor Lurah Cendana.
Penaburan benih ikan lele tersebut sebagai bentuk protes keras kepada Pemkab Labuhanbatu yang membiarkan jalan itu rusak dan paritnya tumpat, sehingga jika hujan membuat air tergenang di jalan. “Sudah hampir tiga tahun jalan ini rusak. Sering pula orang jatuh naik sepeda motor di sini,” ungkap Legimin, warga setempat.
Kondisi jalan Binaraga, Kelurahan Cendana, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, semakin tidak nyaman dilintasi karena sudah sering menelan korban.
“Saya lihat jalan ini sama sekali tidak rencana untuk memperbaikinya. Masalahnya hanya parit tumpat,” kata Hakim Lubis, tokoh masyarakat yang juga mantan Lurah Cendana.
Calon anggota DPRD (caleg terpilih) Jappar Siddik Nasution, mengatakan aksi yang mereka gelar terkait dengan agenda pemkab yang sedang membahas Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2010.
“Pembahasan APBD TA 2010 sebaiknya ditunda, jangan tergesa-gesa sehingga perbaikan jalan rusak parah terabaikan,” tukas Jappar.
Dia mengharapkan rekan-rekannya anggota DPRD yang terpilih dari pada Pileg 9 April 2009 rela dan iklas memperjuangan aspirasi rakyat. Hal senada diungkapkan Marisi Ulises Hasibuan SH selaku calih PNBKI, Lahmuddin Hasibuan calih Partai Demokrat dan Ir Bina Ginting wakil ketua HKTI Labuhanbatu.
Lurah Cendana, Irwan, yang ditemui di kantornya, mengatakan, pihaknya telah mengusulkan perbaikan jalan rusak itu melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). “Sudah kita usulkan melalui Musrenbang. Rencananya tahun ini akan diperbaiki,” kata Irwan saat itu.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: