Pilkada di Labuhanbatu, kemungkinan Tidak Serentak Dilaksanakan

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) masih belum jelas, karena kedua pemerintah otonom baru tersebut, samasekali belum memberikan laporan persiapan keuangann untuk Pilkada April 2010.

Akibatnya, kemungkinan besar pelaksanaan secara serantak dengan kabupaten Labuhanbatu tidak dapat dilaksanakan.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labuhanbatu Syam Hasri menegaskan ada beberapa hal yang menyebabkan pilkada di dua daerah otom baru itu dengan daerah induk tidak bisa dilaksanakan karena sampai saat ini belum membuat anggaran dana untuk pilkada.
“Hanya Pemkab Labuhanbatu yang sudah memastikan anggaran untuk  persiapan Pilkada itu,” ujarnya di Rantauprapat Sabtu (4/10).

Dia mengatakan Nopember 2009 sudah memasuki tahapan Pilkada. Jika Labura dan Labusel belum memberikan informasi keuangan, maka hanya Labuhanbatu yang siap melaksanakan Pilkada.

“Sedangkan dua kabupaten pemekaran, hingga kini belum ada informasi, apakah mereka sudah mengajukan itu atau belum ke Provinsi Sumatra Utara,” tuturnya.

Pihak KPUD setempat, tambahnya, segera melakukan persiapan tahaan Pilkada untuk Labuhanbatu. “Dalam waktu dekat KPUD Labuhanbatu akan melakukan rapat pleno menetapkan jadwal kegiatan Pilkada di kabupaten (induk) ini,” tandasnya.

Sebelumnya, disebutkan, pihak Pemkab Labuhanbatu telah mempersiapkan dana pada APBD  sebesar Rp8 miliar.

Ketua KPUD Labuhanbatu Suhari Pane dana awal untuk pilkada mendatang sebanyak Rp2,5 miliar sudah ditetapkan di P-APBD Kabupetan Labuhanbatu tahun anggaran 2009 ini.

“Memang kalau dana awal sudah ada penetapan dalam P-APBD tahun 2009. Sedangkan dana seluruhnya diperkirakan mencapai Rp8 miliar dibutuhkan untuk pilkada nanti. Itu termasuk estimasi putaran kedua,” katanya.

Dana sebanyak itu, kata Suhari, digunakan sebagai anggaran untuk logistik, honorarium petugas PPK, KPPS/TPS hingga penyelesaian tahapan pemilu sampai berakhir.

“Kita juga sudah mengirim usulan yang sama tentang anggaran pilkada di Labusel dan Labura. Tetapi belum ada diberitahu bagaimana realisasinya,” papar Suhari. (fajar)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: